[SALAH] Presiden Israel Isaac Herzog Berterima Kasih Pada Buzzer Indonesia

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan ucapan selamat Presiden Herzog kepada komunitas Yahudi pada Hari Kemerdekaan Israel ke-76.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah video yang menujukan Presiden Israel, Isaac Herzog yang diklaim mengucapkan terima kasih kepada lima tamu atas kedatangannya ke Israel. Isaac Herzog juga menyampaikan bahwa mereka telah konsisten dengan tugas yang diberikan untuk menjadi buzzer atau agen di Indonesia.

NARASI:
Saya ucapkan banyak terima kasih atas kedatangan nya di negri kami saudaraku, anda telah konsisten dengan tugas yang kami berikan untuk menjadi buzzer / agen kami di negeri anda dengan menggiring opini seakan negeri Palestina aman-aman saja dan kami adalah negeri cinta damai & penuh kasih sayang menjunjung tinggi toleransi. Sengaja kami mengundang anda karena kelompok anda mempunyai pengaruh besar sehingga sangat mudah mendoktrin orang-orang bodoh mempercayai kebohongan anda. Saya tahu anda adalah tipecal orang uang haus kekuasaan dan uang maka dari itu kami membidik anda untuk menjalakna tugas dari kami. Pakailah isu wahabi sesat wahabis agen zahudi karena sesuatu yang sakral itu mudah untuk menggiring opini dan sensitif.

Sumber: WhatsApp
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan tools InVid ditemukan video serupa pada laman website Departemen Luar Negeri Israel, gov.il. Video tersebut bukan merupakan ucapan terima kasih pada ke lima tamu buzzer Indonesia yang datang ke Israel menemui Presiden, Isaac Herzog.

Sebelumnya diketahui bahwa lima tokoh NU (nahdliyin). Diketahui bertemu Presiden Israel Isaac Herzog belum lama ini. Kelima nahdliyin itu adalah Zainul Maarif, Munawir Aziz, Sukron Makmun, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania.

Dilansir dari detik.com, ketua PBNU Savic Ali menyesalkan lima Nahdliyin bertemu Presiden Israel Isaac Herzog. Savic mengatakan kunjungan lima Nahdliyin itu bukan atas nama NU.

Atas kejadian tersebut menimbulkan informasi yang salah, seperti salah satunya adalah video yang beredar tersebut. Video yang diklaim sebagai ucapan terima kasih pada lima tamu dari Indonesia adalah tidak benar. Video tersebut merupakan ucapan selamat Presiden Herzog kepada komunitas Yahudi pada Hari Kemerdekaan Israel ke-76, video tersebut diunggah pada bulan Mei 2024.

REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-7440757/buntut-panjang-5-nahdliyin-temui-presiden-israel-tanpa-izin
https://www.gov.il/en/pages/president-herzog-s-greeting-to-jewish-communities-13-may-2024
https://www.youtube.com/watch?v=sEOdF6UuQZw