[SALAH] Perubahan Tarif Transaksi BRI

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Setelah melakukan penelusuran, faktanya melalui akun resmi Bank Rakyat Indonesia telah membantah berita soal Bank Bank Rakyat Indonesia menyebut bahwa biaya admin transfer antar bank dari Bank BRI sejumlah Rp6.500 per-transaksi, kemudian untuk transfer antar bank dengan transfer BI-Fast biaya admin transfer antar bank Rp2.500 akan dirubah menjadi unlimited transaksi sebesar  Rp150.000 per-bulan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN TIRUAN

=====

[SUMBER] TWITTER/X
https://archive.cob.web.id/archive/1721208720.029425/index.html

=====

[NARASI]: Bank Bank Pemerintah mau dimatikan apa gimana? Kmaren BSI. Sekarang BRI

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@SemutMerah2024” yang mengunggah foto dengan narasi biaya transaksi antar Bank dari Bank Rakyat Indonesia menjadi Rp150.000 per-Bulan.

Setelah ditelusuri klaim ini merupakan HLBK dan saat mengunjungi media sosial resmi Bank BRI, tidak ditemukan pemberitahuan adanya perubahan biaya admin transfer antar bank dari Bank BRI. Kemudian melalui laman resminya, Bank BRI masih menyebut bahwa biaya admin transfer antar bank masih dikenakan biaya Rp6.500 per-transaksi, kemudian untuk transfer antar bank dengan BI-Fast maka akan dikenakan biaya Rp2.500. Tidak ditemukan narasi perubahan biaya menjadi Rp150.000 per-bulan.

Namun setelah melakukan penelusuran lebih lanjut. Perihal informasi perubahan tarif transaksi di Bank BRI, merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Setidaknya, hoaks ini telah beredar sebanyak 3 kali selama tahun 2022. Melansir dari turnbackhoax.id, Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto memastikan perusahaan tidak melakukan pengumuman tersebut.

”Hal tersebut dipastikan tidak benar,” tuturnya saat dikonfirmasi Detikcom, Selasa (6/9/2022). Dia menegaskan bahwa BRI hanya menggunakan saluran resmi website dan sosial media resmi (verified/centang biru) sebagai media komunikasi, diantaranya:
Website: www.bri.co.id
IG: @bankbri_id
Twitter: bankbri_id, kontak bri, promo_bri
FB: Bank BRI
Youtube: Bank BRI

BRI pun menghimbau agar nasabah lebih berhati-hati dan tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi serta data perbankan seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, user & password internet banking, OTP, dan sebagainya kepada orang lain. Termasuk yang mengatasnamakan BRI, baik melalui tautan, website, maupun pesan singkat dari sumber tidak resmi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dengan demikian klaim tentang biaya transaksi antar Bank dari Bank BRI menjadi Rp150.000 per-Bulan adalah keliru dan masuk dalam kategori konten tiruan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2022/10/31/salah-perubahan-tarif-transaksi-bri/
https://turnbackhoax.id/2023/01/30/salah-perubahan-tarif-transaksi-bri-2/