[SALAH] MASSA GERUDUK KPK BAWA BUKTI KORUPSI 20T DI IKN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1721457915.04199/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – LAPORKAN KORUPSI 20 T DI IKN,LIBATKAN 9 NAGA ?.‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
KORUPSI DI IKN 20T?
MASSA GERUDUK KPK BAWA BUKTI2

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis Politik dengan narasi yang menyatakan bahwa massa geruduk KPK membawa bukti korupsi 20 triliun di Ibu Kota Nusantara (IKN). Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan kerumunan massa di kantor KPK.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang menampilkan kerumunan massa di kantor KPK tersebut juga merupakan manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari mediaindonesia.com berjudul “Anggota Watimpres Dilaporkan ke KPK Terkait Proyek IKN”.

Artikel ini membahas tentang Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI Gandi Sulistiyanto dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan penyimpangan pembangunan IKN antara pejabat Gandi Sulistiyanto dengan perusahaan pengembang properti sebesar 20 triliun.

Dengan demikian, narasi dengan klaim massa geruduk KPK membawa bukti korupsi 20 triliun di IKN tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/685827/anggota-watimpres-dilaporkan-ke-kpk-terkait-proyek-ikn#google_vignette