[PENIPUAN] Akun Instagram @soimah.pancawati01 Berisi Konten Giveaway

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa akun @soimah.pancawati01 adalah akun resmi milik Soimah , akun resmi Soimah adalah @showimah dan di akun Instagramnya ia juga pernah mengunggah memberikan uang 35 juta dalam rangka menjelang Idul Adha, akun yang mengatasnamakan Soimah tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Instagram https://arsip.cekfakta.com/archive/1721544223.957157/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: 📲 𝘽𝙖𝙜𝙞 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙞𝙣𝙜𝙞𝙣 𝙙𝙞 𝙗𝙖𝙣𝙩𝙪 𝙨𝙞𝙡𝙖𝙝𝙠𝙖𝙣 𝙢𝙚𝙣𝙜𝙝𝙪𝙗𝙪𝙣𝙜𝙞 𝙒𝙝𝙖𝙩𝙨𝘼𝙥𝙥

wa[dot]me/6281399988960

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Instagram yang mengatasnamakan salah satu artis Indonesia, Soimah, dengan nama akun @soimah.pancawati01. Akun ini mengunggah sebuah postingan tentang giveaway uang jutaan rupiah, pada deskripsi akun juga ia mencantumkan sebuah nomor WhatsApp.

Sebelum-sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah menemukan beberapa unggahan serupa mengenai adanya akun sosial media yang mengatasnamakan Soimah mengadakan giveaway.

Namun, jika kita cek di Instagram maka akun Instagram resmi Soimah adalah @showimah yang sudah mendapatkan verifikasi centang biru. Soimah sendiri pernah mengunggah sebuah klarifikasi jika dirinya tidak pernah melakukan giveaway dalam bentuk apapun di sosial media.

Melalui pernyataan dari Soimah maka dapat disimpulkan jika semua akun yang mengatasnamakan dirinya tersebut merupakan akun palsu yang dapat dipastikan sebagai modus penipuan online. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC