[SALAH] Video Makam Rasulullah Dibuka ke Publik

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video yang beredar tersebut bukan merupakan makam Rasulullah, melainkan makam Aun bin Abdullah yang dipercayai oleh orang-orang Muslim Syiah sebagai penerus sah Nabi Muhammad.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Snack Video https://arsip.cekfakta.com/archive/1721285270.262415/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

Makam Rasulullah SAW di buka, kita bisa melihat dari dekat

SUBHANALLAH NABIYIL MUHAMMAD SAW

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari AFP.

Beredar di Snack Video sebuah rekaman yang memperlihatkan adanya makam tanah yang dilindungi peti kaca dan ditutupi oleh kain hitam bertuliskan kaligrafi huruf Arab. Terdengar pula jika orang-orang di sekelilingnya menangis ketika kain penutup peti tersebut dibuka sebagian.

Video tersebut juga menambahkan kalimat yang mengklaim jika yang ada di balik peti kaca tersebut adalah makam Rasulullah.

Namun, berdasarkan dari temuan AFP yang dilakukan dengan bantuan Google, menemukan hasil jika video yang menunjukkan peti kaca tersebut serupa dengan unggahan YouTube berjudul, “Makam Asli Hazrat Aun bin Abdullah a.s. di Karbala Irak,” yang diunggah kanal Najaf TV pada 7 Oktober 2022.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang beredar tersebut bukan merupakan makam Rasulullah, melainkan makam Aun bin Abdullah yang dipercayai oleh orang-orang Muslim Syiah sebagai penerus sah Nabi Muhammad.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.36488ZJ

https://turnbackhoax.id/2024/06/30/salah-video-makam-rasulullah-dibuka-dan-kita-bisa-melihat-dari-dekat/
https://turnbackhoax.id/2024/07/19/salah-video-makam-rasulullah-saw/