[SALAH] Foto Sebuah Rumah yang Dibangun Miring

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya rumah tersebut dibangun di jalan yang curam, sehingga jika difoto dengan sudut pandang tertentu maka akan menghasilkan foto yang membuat seolah-olah bangunan tersebut terlihat miring.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Facebook https://arsip.cekfakta.com/archive/1721406760.121498/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

Bangunan Miring yang Menakjubkan

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari AFP.

Ditemukan sebuah unggahan di Facebook yang menyebarkan klaim mengenai adanya foto bangunan yang dibuat miring. Foto memperlihatkan beberapa mobil yang terparkir di depan sebuah rumah berwarna biru yang berdiri miring.

Berdasarkan dari pencarian gambar yang dilakukan oleh AFP.com, ditemukan hasil jika foto rumah miring tersebut serupa dengan foto yang diunggah di Instagram oleh akun bernama @lumadelline.

Dalam keterangan fotonya, pengguna Instagram tersebut menjelaskan jika awalnya ia mengalami salah jalan ketika hendak menuju ke Jalan Lombard di San Francisco, Amerika Serikat, saat di tengah jalan ia akhirnya menemukan rumah tersebut lalu mengambil foto.

Dengan menggunakan Google Street View di Google Maps, AFP berhasil menemukan lokasi rumah tersebut yang berada Jalan Taylor, San Francisco.

Faktanya rumah tersebut tidak dibangun miring, lokasi rumah tersebut dibangun di jalan yang cukup curam, sehingga jika difoto dengan sudut pandang kamera yang ikut menyesuaikan tingkat kemiringan jalan maka akan membuat ilusi visual seolah bangunan tersebut miring.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.364D2U6

https://www.instagram.com/p/BjAPfz6nb8V

https://www.google.com/maps/@37.7997408,-122.414086,3a,90y,233.75h,100.03t