[SALAH] Foto Penemuan Bangkai Pesawat Malaysia Airlines MH370

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Berdasarkan temuan, foto-foto yang ditampilkan tersebut tidak ada kaitannya dengan pesawat Malaysia Airline, sebagian dari foto yang ditampilkan juga hanya merupakan rekayasa AI.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Facebook https://arsip.cekfakta.com/archive/1721287647.853314/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

BERITA PANAS: Ilmuwan Mengungkap Penemuan Baru yang Mengerikan tentang Penerbangan 370 Malaysia: Pengubah Permainan dalam Misteri…

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari Tempo.

Ditemukan unggahan di Facebook yang menampilkan beberapa foto dengan klaim penemuan bangkai pesawat Malaysia Airline M370 yang menghilang di tahun 2014 lalu.

Unggahan ini menampilkan beberapa foto, yang pertama adalah foto sebuah kapal pengerek yang terlihat seperti sedang mengangkut bangkai pesawat di laut, foto kedua menampilkan sebuah bangkai pesawat yang berada di dalam laut, dan foto ketiga memperlihatkan gambar mayat penumpang pesawat yang sudah menjadi tengkorak.

Nemun, berdasarkan temuan dari Tempo menggunakan bantuan sistem pencarian gambar Yandex dan Google Lens, foto-foto yang ditampilkan tersebut tidak ada kaitannya dengan pesawat Malaysia Airline. 

Foto pertama adalah foto operasi penenggelaman bekas pesawat pemerintah Bulgaria pada 25 Mei 2011 di Varna, Bulgaria. Pesawat tersebut ditenggelamkan di Laut Hitam untuk dijadikan objek wisata penyelaman di dekat Pantai Varna. Pesawat ini mencetak rekor dunia untuk rangka pesawat terbesar yang ditenggelamkan secara sengaja. 

Sementara untuk gambar kedua dan ketiga, dari pihak Tempo melakukan pengecekan dengan menggunakan pendeteksi deepfake Hugging Face. Hasilnya  menunjukan jika gambar-gambar tersebut dibuat dengan AI.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3000/keliru-foto-temuan-bangkai-pesawat-malaysia-airlines-mh370

http://vodasport.com/?page_id=58