[SALAH] Video Melempar Jumrah dengan Menaiki Helikopter

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya helikopter tersebut merupakan patroli untuk memastikan keselamatan dan keamanan jemaah selama haji. Diketahui melempar jumrah perlu mengenai objek jumrah yang disebut Marma hingga kerikil masuk ke lubang Marma tersebut sehingga tidak mungkin melempar jumrah dapat dilakukan dengan menaiki helikopter.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/gpL6B

= = =

Narasi:

“Jangan ngaku sultan kalau belum merasakan lempar jumroh naik helikopter. Tahun depan kamu seperti ini amin.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah video di TikTok dengan klaim bahwa terdapat jamaah haji yang melakukan lempar jumrah dengan menaiki helikopter.

Namun faktanya helikopter tersebut merupakan kegiatan patroli yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi untuk memastikan keselamatan dan keamanan jemaah selama ibadah haji berlangsung seperti yang dilaporkan melalui arabnews.com.

Khairina, wartawan Kompas.com yang meliput ibadah haji 2024 menyebut bahwa di sekitar Mina memang ada helikopter yang berkeliling. “Ada helikopter. Memang keliling terus dia, kan mengawasi. Kayak patroli. Tapi kalau melempar jumrah dari heli agak susah deh. Pertama, itu pakai batu kerikil, terus harus pas lemparnya dan enggak bisa dari atas,” kata Khairina dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo juga membantah klaim serupa, dalam laporannya disebutkan bahwa pemerintah Arab Saudi juga menyediakan ambulans udara yang digunakan untuk menyelamatkan nyawa dan menjaga kesehatan jamaah ibadah haji 2024.

Perlu diketahui bahwa melempar jumrah adalah salah satu rangkaian yang wajib dilakukan selama ibadah haji. Pelemparan batu jumrah perlu mengenai objek jumrah, yang disebut Marma, hingga batu masuk ke dalam lubang Marma tersebut sehingga tidak mungkin melempar jumrah dapat dilakukan dengan menaiki helikopter.

Dengan demikian, video melempar batu jumrah dengan menaiki helikopter adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/01/185507882/hoaks-jemaah-haji-lempar-jumrah-naik-helikopter

https://www.arabnews.com/node/2532161/saudi-arabia

https://www.detik.com/hikmah/panduan-haji-dan-umrah/d-6781508/melontar-jumrah

= = =