[SALAH] Kapolri Akan Pecat Oknum Polisi yang Terlibat Kasus Vina Cirebon

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut tidak ada hubungannya dengan oknum polisi yang terlibat kasus Vina Cirebon. Video yang asli sudah tersebar sejak 2018.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: TikTok
https://archive.ph/VCA5Q

=====

Narasi:
“Kapolri Akan Pecat Oknum Polisi Yang Terlibat Dalam Kasus Vina Di Cirebon #vina #vinacirebon #vinasebelum7hari #kasusvina”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok @berita_viral.nasional mengunggah video yang memperlihatkan mantan wakil Kapolri Syafruddin Kambo berbicara mengenai pemecatan oknum polisi dan bahkan tidak segan akan langsung pecat kapolda yang terbukti bersalah setelah adanya “video”. Video yang diunggah pada 9 Juni tersebut telah disukai 18,000 orang, dibagikan ulang 616 kali, serta disimpan oleh 1,382 orang.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Versi video yang asli dan lengkap telah diunggah oleh KompasTV dengan judul “Wakapolri: Polisi Sudah Jijik dengan Pungli” di YouTube resminya pada 9 Mei 2018. Dapat dilihat pada menit 1:08, mantan wakil Kapolri Syafruddin Kambo berbicara persis seperti di video yang diunggah di akun TikTok @berita_viral.nasional.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @berita_viral.nasional merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=WDnyRS8XJr0&t=48s