[SALAH]: Covid-19 adalah Kebohongan para Ilmuan

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Transkrip Kongres Amerika Serikat dengan Wakil Direktur Utama Institut Kesehatan Nasional (NIH) dan pemberitaan terpercaya lainnya menunjukkan bahwa pertemuan tersebut tidak menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 disebabkan oleh penelitian virus yang didanai oleh Amerika Serikat di laboratorium Wuhan, Tiongkok.

=====

[KATEGORI]: konten yang menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1721119817.800794/index.html

=====

[NARASI]: Terbongkar bahwa sebenarnya Covid-19 adalah sebuah kebohongan berkedok ilmuan

=====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah narasi di sosial media pada 18 Mei 2024 bahwa virus Covid-19 adalah sebuah kebohongan.

Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Faktanya, Disadur dari artikel periksa fakta Tempo pada 29 Mei 2024, Kongres Amerika Serikat terhadap Wakil Direktur Utama Institut Kesehatan Nasional (NIH), Lawrence Tabak menunjukkan bahwa pertemuan tersebut tidak menyimpulkan bahwa pandemi Covid-19 disebabkan oleh penelitian virus yang didanai oleh Amerika Serikat di laboratorium Wuhan, Tiongkok.

Kongres tersebut bertujuan untuk membahas akuntabilitas, prosedur pendanaan, laporan, dan standar keamanan terkait dana dari Institut Kesehatan Nasional (NIH) kepada EcoHealth Alliance, sebuah lembaga riset kesehatan di Amerika Serikat yang telah menerima hibah sejak 2014 untuk menyelidiki virus corona dari kelelawar.

Para peneliti tetap menyatakan bahwa asal-usul virus SARS-CoV-2, penyebab pandemi Covid-19, berasal dari hewan. Pagani et.al (2023) dalam studi mereka “Origin and evolution of SARS-CoV-2” menjelaskan bahwa penelitian bertahun-tahun yang mensurvei hewan liar menunjukkan bahwa kelelawar adalah reservoir utama bagi banyak virus mirip SARS. Bukti pertama berasal dari isolasi kerabat dekat SARS-CoV dan SARS-CoV-2 dari kelelawar tapal kuda (Rhinolophus) yang hidup di gua-gua di Provinsi Yunnan, Tiongkok.

Dengan demikian klaim mengenai Virus Covid-19 adalah kebohongan tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]: https://cekfakta.tempo.co/fakta/2924/keliru-video-berisi-klaim-covid-19-adalah-kebohongan-berkedok-ilmuwan-dan-flu-burung-disiapkan-sebagai-pandemi-berikutnya

[SALAH] “COVID-19 adalah tipuan terbesar yang pernah dilakukan dan hanya flu buruk lainnya”