[PENIPUAN] Video Aburizal Bakrie Memberi Testimoni Obat Nyeri Sendi

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya audio dalam video tersebut telah dimanipulasi dengan suara buatan AI, setelah diperiksa dengan menggunakan elevenlabs.io diidentifikasi bahwa audio tersebut sebesar 97% adalah buatan AI.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4d99u4S

Arsip video: https://bit.ly/3YgTwkW

= = =

Narasi:

“#Terapi_untuk_sakit_sendi #sakit_pinggul #dan_tulang_yang_menempel. Beli sekarang, dapatkan pengiriman gratis dan tujuan akhir.

Hanya dengan menggunakan dua kali sehari, gejala sakit sendi akan hilang.

Sakit sendi, sakit lutut, lutut rusak, dan lutut bengkak.

Tulang bengkak, tulang tertekuk, dan tulang cacat.

Tulang yang menempel pada saraf, sakit pinggul, dan kaki yang lelah.

Rumatoid dan osteoarthritis.

:white_tick: Tidak ada bahan kimia berbahaya

:white_tick: Diambil dari sumber alami berkualitas premium

:point_right: PRODUK KITA adalah pilihan yang baik

Untuk tulang dan perawatan sendi, lokasi yang sakit dan terinfeksi. Para peneliti menemukan cara untuk memperbaiki gejala infeksi dan masalah tulang dan sendi tanpa harus melakukan operasi, menjadi lebih baik dalam 4 minggu.

:ballot_box_with_tick: Produk ini dapat digunakan oleh pria dan wanita

Informasi lebih lanjut: https://greathealthhub[dot]com/269qMVyK

:zap:️ Klik gambar di bawah untuk melihat detail :point_down:”

Narasi dalam video:

“para dokter telah menyembunyikan kebenaran dan berbohong kepada saya selama 17 tahun. Nama saya abu rizal bakrie dan saya sudah lama menderita nyeri sendi, pada usia 60 tahun saya didiagnosis menderita osteoartritis. Setiap hari menjadi tak tertahankan bagi saya. Saya tidak bisa berjalan normal dengan anak dan cucu saya, pergi ke toko melakukan pekerjaan rumah tangga, semua karena rasa sakit yang tak tertahankan yang tidak berhenti, tetapi semakin memburuk. Selama 17 tahun saya dirawat dengan dokter-dokter terbaik di negara kami dan negara-negara barat, tetapi hanya membuang-buang waktu dan tidak memberikan efek yang diinginkan. … Beberapa bulan yang lalu saya bertemu dengan dokter mod asri zainul abidin dan menceritakan masalah saya, ternyata saya telah dibohongi dan ditipu selama ini. … kami diobati dengan obat rahasia berdasarkan bahan-bahan yang tersedia untuk semua orang dan yang mengejutkan saya rasa sakitnya hilang dalam seminggu, untuk mempertahankan hasilnya saya menggunakan obat ini selama beberapa bulan dan sekarang saya merasa seperti berusia 20 tahun karena efektivitasnya yang sangat tinggi.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di Facebook yang menampilkan video Aburizal Bakrie mengaku telah menderita osteoarthritis sejak usia 60 tahun, dalam video tersebut ia juga memberikan testimoni obat nyeri sendi yang ia konsumsi setelah menderita sakit selama 17 tahun dan rasa sakit tersebut hilang dalam satu minggu.

Namun faktanya audio dalam video testimoni tersebut telah dimanipulasi, audio dalam video dibuat dengan menggunakan AI. Pendeteksian AI dilakukan dengan menggunakan tools elevenlabs.io, hasilnya menunjukkan bahwa audio dalam video tersebut memiliki probabilitas buatan AI sebesar 97%.

Menanggapi video hasil buatan AI yang tersebar tersebut, Nia Ramadhani, anak menantu Aburizal Bakrie, membantah kebenaran dari kondisi kesehatan Aburizal Bakrie yang terkena penyakit. Nia Ramadhani melalui Instagramnya menyebut bahwa kondisi ayah mertuanya dalam keadaan sehat, tidak seperti yang dibuat dalam video tersebut.

Dengan demikian, Aburizal Bakrie terkena penyakit osteoarthritis dan memberikan testimoni obat nyeri sendi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/ayesha-bachri/klarifikasi-nia-ramadhani-soal-hoax-kondisi-kesehatan-aburizal-bakrie?page=all

= = =