[SALAH] Video Tiktok Hasil Persilangan Harimau dan Anjing Laut

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video hasil persilangan harimau dan anjing laut tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video yang manipulatif hasil dari AI. Jika diperhatikan terdapat kejanggalan dalam video, seperti satu kaki yang mendadak muncul di tengah kerumunan orang.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1721123960.390287/index.html#singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“hasil persilangan harimau dan anjing laut”

= = = = =

PENJELASAN:
Artikel ini disadur dari Kompas.com.
Akun Tiktok jangankasihkendor303 memposting sebuah video yang menampilkan seekor binatang dengan wajah harimau namun berbadan anjing laut. Video tersebut telah memperoleh like sebesar 115.5K, 882 komentar dan dibagikan kembali sebanyak 9879. Caption pada postingan tersebut bernarasi “hasil persilangan harimau dan anjing laut”.

Setelah ditelusuri menggunakan Hive Moderation merupakan pendeteksi AI mendapatkan hasil video tersebut memiliki probabilitas 53,6%. Besar kemungkinan video tersebut hasil edit digital. Jika diperhatikan banyak kejanggalan yang ada dalam video tersebut, misalnya di antara kerumunan orang nampak satu kaki yang muncul secara tiba-tiba di tengah sepasang kaki lainnya. Satu kaki yang mengenakan celana biru bergerak ke tengah kemudian kaki tersebut menyatu dengan lainnya.

Dengan demikian video hasil persilangan harimau dan anjing laut tidak benar. Video tersebut merupakan video yang manipulatif hasil dari AI. Jika diperhatikan terdapat kejanggalan dalam video, seperti satu kaki yang mendadak muncul di tengah kerumunan orang, sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/11/130800082/-hoaks-anjing-laut-berkepala-macan
https://turnbackhoax.id/2024/07/16/salah-video-anjing-laut-berkepala-harimau/