[SALAH] Video Tiktok Bernarasi Tempo Beritakan Agenda Persatuan Komunis Cina

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Postingan Tiktok yang menarasikan Tempo memberitakan adanya belasan agenda persatuan komunis di Cina merupakan hal yang keliru. Faktanya, Tempo tidak pernah mengeluarkan produk hal tersebut. Narasi yang sama juga pernah beredar dan mencatut media Solopos.com.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1720960063.380739/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Berita Tempo”
“AWAS BAHAYA KOMUNIS”

= = = = =

PENJELASAN:
Artikel ini disadur dari Tempo.

Akun TikTok siti.aisyah6261 memposting sebuah video dengan tampilan gambar wajah Jokowi diserta logo PKI dibawah kanan gambar Jokowi. Terdapat juga kalimat “Berita Tempo” diatas dan “AWAS BAHAYA KOMUNIS” di bawah gambar Jokowi. Jika diperhatikan audio pada postingan menyebutkan bahwa ada belasan agenda luar negeri yang ditetapkan persatuan komunis di Cina. Di antaranya memiskinkan pribumi dengan sistem, jauhkan umat Islam dari ajaran agamanya, dan benturkan sesama pribumi, pakai jurus maling teriak maling dan lain sebagainya.

Hasil penelusuran, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Tempo tidak pernah mengeluarkan liputan, artikel, opini ceramah dan penelitian mengenai hal tersebut. Persebaran hoaks yang mencatut nama media merupakan fitnah yang mengganggu kerja-kerja jurnalistik Tempo, karena dapat merusak kredibilitas Tempo yang mengedepankan jurnalisme berkualitas.
“Mengutip (harus) dengan menyampaikan informasi sebenarnya. Tidak boleh memotong, menginterpretasikan (secara keliru/menyesatkan), dan mesti minta izin. Ada hak cipta dalam semua produk jurnalistik Tempo,” kata Setri melalui pesan, Selasa, 9 Juli 2024.

Postingan tersebut tidak menyertakan sumber informasi dengan jelas dan mendetail. Gambar Jokowi juga sudah lama beredar di Pinterest dan Kompasiana. Narasi yang sama juga pernah berdar dengan mencatut media Solopos.com dan sudah dikonfirmasi konten tersebut tidak benar.

Dengan demikian postingan Tiktok yang menarasikan Tempo memberitakan adanya belasan agenda persatuan komunis di Cina merupakan hal yang keliru. Tempo tidak pernah mengeluarkan produk hal tersebut. Narasi yang sama juga pernah beredar dan mencatut media Solopos.com, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2991/keliru-konten-berisi-klaim-tempo-memberitakan-agenda-persatuan-komunis-cina
https://turnbackhoax.id/2024/07/15/salah-tempo-beritakan-agenda-partai-komunis-china-kuasai-indonesia/