[SALAH] JUSUF HAMKA SERET MENKEU KE KPK SOAL HUTANG NEGARA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait Jusuf Hamka seret Menkeu ke KPK soal hutang negara. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, beberapa cuplikan yang ditampikan juga tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1721217077.141214/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER SIANG INI..!!! YUSUF HAMKA SERET MENKEU KE PKP SOAL HUTANG NEGARA

BREAKING NEWS
SERET MENKEU KE KPK
TINDKAN TEGAS TAGIH HUTANG NEGARA

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube AKTUAL dengan narasi yang menyatakan bahwa Jusuf Hamka seret Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal hutang negara.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Jusuf Hamka dan Sri Mulyani berada di kantor KPK merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari cnnindonesia.com berjudul “Jusuf Hamka Bakal Class Action hingga Lapor KPK soal Utang Negara”.

Dalam artikel tersebut mambahas tentang pengusaha Jusuf Hamka mengaku bakal mengajukan gugatan class action hingga melapor ke KPK terkait persoalan utang negara yang tak kunjung dibayar.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Jusuf Hamka seret Menkeu ke KPK soal hutang negara tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240713155337-92-1120876/jusuf-hamka-bakal-class-action-hingga-lapor-kpk-soal-utang-negara