[SALAH] GIBRAN RESMI MUNDUR UNTUK WAPRES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Faktanya pada Selasa, 16 Juli 2024 Gibran menyerahkan surat pengunduran diri dari Wali Kota Solo dan bukan mundur untuk wakil presiden.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1721218980.223/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – RESMI MUNDUR UNTUK WAPRES, PRABOWO MALAH SANTAI.‪@garispolitik1320‬

MENGEJUTKAN..!
JUJUR, SAYA MINTA MAAF
SBLM MUNDUR, GIBRAN AKUI SEMUANYA

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Gibran Rakabuming Raka resmi mundur untuk wapres dan akui semuanya beredar dari channel youtube Garis Politik pada 17 Juli 2024.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang menampilkan Gibran memegang dokumen tersebut merupakan hasil manipulasi dari gambar ketika Gibran tiba di kantor DPRD Solo untuk menyerahkan surat pengunduran diri dari Wali Kota Solo pada Selasa, 16 Juli 2024.

Gambar aslinya dimuat dalam artikel detik.com yang berjudul “Serahkan Surat Pengunduran Diri, Gibran Tiba di Kantor DPRD Solo”.

Dalam video terdapat narasi yang membahas tentang wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka yang resmi mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Solo. Surat pengunduran diri tersebut sudah diserahkan secara langsung ke Ketua DPRD Solo. Narasi tersebut bersumber dari artkel detik.com berjudul “Gibran Rakabuming Resmi Mundur dari Wali Kota Solo”.

Selain itu, narator dalam video juga membacakan artikel dari kompas.com dengan judul Ajukan Pengunduran Diri dari Wali Kota Solo, Gibran: Banyak Hal yang Harus Disiapkan”. Dalam artikel tersebut membahas tentang Gibran yang menjelaskan setelah penyerahan surat pengunduran diri, akan melakukan persiapan pelantikannya sebagai Wakil Presiden Terpilih.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Gibran resmi mundur untuk wapres adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.detik.com/jateng/berita/d-7441529/serahkan-surat-pengunduran-diri-gibran-tiba-di-kantor-dprd-solo

https://news.detik.com/berita/d-7441703/gibran-rakabuming-resmi-mundur-dari-wali-kota-solo

https://video.kompas.com/watch/1589778/ajukan-pengunduran-diri-dari-wali-kota-solo-gibran-banyak-hal-yang-harus-disiapkan