[SALAH] Artikel Liputan6.com berjudul “Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database Negaranya dihacker tidak tau, karena terlalu sibuk ngurus Palestina”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Faktanya, Redaktur Eksekutif Liputan6.com, Raden Trimutia Hatta menjelaskan Liputan6.com tidak pernah menerbitkan artikel dengan judul tersebut dan tangkapan layar tersebut sudah melalui proses editing.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.
= = = = =
KATEGORI: Konten Palsu
= = = = =
SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1720667234.394307/singlefile.html


= = = = =
NARASI:
“Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database Negaranya dihacker tidak tau, karena terlalu sibuk ngurus Palestina”

= = = = =
PENJELASAN:

Artikel ini disadur dari Liputan6.com

Akun Tiktok Herry Bombero memposting sebuah video di Tiktok yang menampilkan sebuah tangkapan layar artikel milik Liputan6.com berjudul “Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database Negaranya dihacker tidak tau, karena terlalu sibuk ngurus Palestina”. Postingan disertai caption “Kali ini saya benar setuju #fyp #kominfo”.


Penelusuran langsung terarah ke website Liputan6.com dengan memasukan judul artikel pada postingan Facebook yang menghasilkan Liputan6.com tidak pernah menuliskan artikel dengan judul tersebut. Lebih lanjut, penelusuran mengarah ke kategori cek fakta dan menemukan artikel periksa fakta mengenai hoaks yang mencatut Liputan6.com. Artikel tersebut berjudul “Cek Fakta: Hoaks Artikel Liputan6.com Berjudul Menteri AS Komentari Kominfo Imbas PDNS Diserang Hacker” 8 juli 2024 pukul 18.00. Dalam artikel tersebut Redaktur Eksekutif Liputan6.com, Raden Trimutia Hatta menyebutkan bahwa tangkapan layar artikel tersebut disebarkan oleh akun TikTok @perwiraganteng45. Akun tersebut sudah mengedit dan menambahkan narasi hoaks yang tidak sesuai dengan berita aslinya. Dirinya meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh atau mempercayai akun-akun media sosial yang mencuri konten Liputan6.com. Jika diperhatikan layout tangkapan layar artikel yang diunggah di Tiktok berbeda format dengan layout di Liputan6.com.

Dengan demikian tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul “Menteri Amerika klaim: Kominfo Indonesia sangat bodoh, Database Negaranya dihacker tidak tau, karena terlalu sibuk ngurus Palestina” tidak benar. Liputan6.com tidak pernah menerbitkan artikel dengan judul tersebut dan tangkapan layar tersebut sudah melalui proses editing, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/search?q=%22Menteri+Amerika+klaim%3A+Kominfo+Indonesia+sangat+bodoh%2C+Database+Negaranya+di+hack+tidak+tau%2C+karena+terlalu+sibuk+ngurus+Palestina%E2%80%9D
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5637535/cek-fakta-hoaks-artikel-liputan6com-berjudul-menteri-as-komentari-kominfo-imbas-pdns-diserang-hacker?page=3
https://turnbackhoax.id/2024/07/16/salah-menlu-amerika-klaim-kominfo-indonesia-bodoh/