[PENIPUAN] Video Anies Baswedan dan UAS Jualan Kaos untuk Donasi ke Palestina


Hasil Periksa Fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya audio tersebut telah dimanipulasi oleh AI. Hal tersebut dapat diketahui setelah dilakukan penelusuran fakta menggunakan alat elevenlabs.io, didapatkan probabilitas sebesar 98%. Artinya, audio yang digunakan merupakan buatan AI. Selengkapnya di bagian penjelasan.
———————————————

KATEGORI: KONTEN TIRUAN
———————————————

NARASI:

SAYA BANTU PALESTINA
1 KAOS = 1 DUKUNGAN UNTUK PALESTINA
Allah bersabda Barangsiapa yang meringankan kesulitan besar seorang muslim di dunia, maka Allah akan meringankan kesulitan besarnya pada hari kiamat. (HR. Abu Hurairah)
Zyonis datang menghancurkan Bumi Palestina dan tidak tinggal diam
Rumah-rumah dan bangunan hancur berkeping-keping, bahkan anak-anak kecil pun menjadi korban kekejaman rezim zionis…
Oleh karena itu, kami mengajak Anda untuk turut serta dalam penggalangan dana bantuan

SUMBER ARSIP: https://archive.md/0hhte


————————————————-
PENJELASAN:
Akun Facebook dengan nama “Aksi Bela” mengunggah sebuah video pada 9 Mei yang menampilkan Anies Baswedan sedang melakukan promosi penjualan kaos untuk didonasikan ke Palestina.
Kami melakukan penelusuran untuk mendapatkan fakta dari suara yang dicatut dalam konten tersebut menggunakan salah satu alat pemindai suara AI, elevenlabs.io

Pertama-tama, kami mengunduh video yang dicantumkan dalam postingan tersebut menggunakan platform pengunduh video facebook (savefrom facebook), lalu kami memangkas durasinya pada 20 detik pertama. Setelah itu, kami mengubahnya menjadi format mp3 menggunakan platform convert mp3.
Setelah video sudah diubah formatnya menjadi mp3, kami mengunggahnya di laman pendeteksi audio yang dibuat oleh AI milik elevenlabs.io. Dari pemindaian tersebut, didapati probabilitas sebesar 98%, yang berarti konten tersebut merupakan suara AI yang kemungkinan besar diproduksi menggunakan fitur voice cloning yang dimiliki oleh elevenlabs.

Perlu diketahui bahwa elevenlabs merupakan salah satu platform digital yang menyediakan fitur-fitur audio AI, salah satunya voice cloning ke berbagai bahasa internasional bahkan dapat menirukan suara seseorang. Salah satu hoaks menggunakan voice cloning yang pernah beredar dan dibuat menggunakan fitur elevenlabs adalah audio Surya Paloh memarahi Anies Baswedan yang viral sebelum Pilpres 2024 lalu.
—————————————————

REFERENSI:

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier
https://turnbackhoax.id/2024/01/25/salah-percakapan-telepon-anies-baswedan-dengan-surya-paloh-bocor/