[SALAH] Video Pesawat Milik Taylor Swift Disemprot Cat oleh Aktivis Lingkungan

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya pesawat yang terkena cat berbeda dengan pesawat pribadi milik Taylor Swift. Pesawat pribadi milik Taylor Swift tidak ada di bandara saat aksi tersebut terjadi.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719810640.329638/index.html

Arsip cadangan: https://bit.ly/3Wrd3OE

= = =

Narasi:

“Dua aktivis lingkungan dari kelompok Just Stop Oil berhasil membobol Bandara Stansted, Inggris pada Kamis (19/6/2024) dan menyemprot pesawat pribadi Taylor Swift dengan cat oranye. Sebelumnya mereka menyemprot situs bersejarah Stonehenge. Polish Essex menangkap Jennifer Kowalski (28) dan Cole Macdonald (22) atas tuduhan tindak kriminal dan gangguan infrastruktur. Aksi ini menuntut Pemerintah Inggris untuk berkomitmen menghapuskan bahan bakar fosil pada 2030. Taylor Swift dikritik atas penggunaan pesawat jet pribadinya yang dianggap berkontribusi siqnifikan terhadap emisi C02.

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari AFP.

Sebuah video beredar di Facebook menunjukkan dua orang yang disebut aktivis dari kelompok Just Stop Oil membobol Bandara Stansted, London, Inggris yang diklaim telah menyemprotkan cat pada pesawat pribadi milik Taylor Swift. Diketahui Taylor Swift sedang melakukan tur konsernya di London.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta AFP, pesawat yang disemprotkan cat dalam video tersebut berbeda dengan pesawat milik Taylow Swift. Pesawat yang digunakan Taylor merupakan tipe Falcon 7X yang memiliki mesin pesawat pada bagian atas dekat ekor pesawat, sedangkan pesawat dalam video tersebut tidak memiliki mesin di atasnya.

Dari BBC juga menyebut bahwa pesawat pribadi Taylor Swift tidak ada di bandara pada saat aksi tersebut terjadi.

Perlu diketahui, Just Stop Oil diketahui merupakan kelompok aktivis yang berfokus pada perubahan iklim, Taylor Swift sendiri sering dikritik karena menyebabkan jejak karbon yang besar dengan penggunaan jet pribadinya.

Dengan demikian, video pesawat pribadi Taylor Swift disemprot cat oleh aktivis lingkungan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34ZC6RH

https://www.bbc.com/news/articles/c722p513ld3o

= = =