[PENIPUAN] Rans Entertainment Berbagi 50 Motor untuk Followers

Hasil periksa fakta Panji

Akun tersebut merupakan akun Instagram tiruan dan video yang menampilkan Raffi mengadakan giveaway motor tersebut juga merupakan konten lama pada tahun 2021 lalu ketika ia mengadakan kerjasama dengan Yamaha Motor Indonesia.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/iarchive/s/instagram/C8aZ-pby39C (arsip)

===========

[NARASI]: 

50 unit sepeda motor buat yang sudah follow dan share Vidio ini buruan follow!!

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah akun Instagram bernama @rans_entertaimen_new yang mengunggah video Raffi Ahmad yang mendatangkan satu truk yang berisi banyak motor Yamaha, video tersebut juga mencantumkan kalimat jika motor tersebut akan dibagikan kepada follower akun @rans_entertaimen_new ini.

Namun, jika dicek di Instagram akun tersebut bukan akun resmi Raffi ataupun Rans Entertainment, akun Instagram resmi dari Raffi adalah @raffinagita1717 dan Instagram Rans adalah @rans.entertainment, kedua akun tersebut sudah mendapatkan verifikasi centang biru.

Selain itu setelah dilakukan pencarian gambar dengan menggunakan Google Lens, ditemukan hasil jika video tersebut identik dengan video yang berasal dari Channel Youtube Rans Entertainment yang diunggah pada tahun 2021 lalu yang berjudul “BUMIL NGIDAM MOTORAN, RAFFI BAGI-BAGI MOTOR GRATIS!!!”.

Lalu faktanya konten yang diunggah di Youtube Rans Entertainment tersebut dilakukan ketika mereka melakukan kerjasama dengan Yamaha Motor Indonesia, selain itu pada konten tersebut Raffi hanya membagikan motor-motor tersebut kepada para karyawannya di Rans, ia tidak membuat giveaway terbuka kepada para followernya.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika akun tersebut merupakan akun tiruan dan berpotensi untuk digunakan sebagai modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/raffinagita1717

https://www.instagram.com/rans.entertainment

https://www.youtube.com/watch?v=SFutkgQ5eus