[SALAH]: Lingkaran merah tabung gas LPG berubah hitam saat mau meledak

Hasil periksa fakta Raka

[FAKTANYA]: Lingkaran merah pada tabung gas bukanlah indikator kebocoran gas, lingkaran tersebut adalah penanda bahwa tabung gas ini berisi bahan yang mudah terbakar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

=====

[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1720783562.726302/index.html

=====

[NARASI]: Mungkin Kita Mengira Lingkaran Merah Yang Terdapat Di Tengah Tabung LPG Itu Hanya Variasi Warna Saja. Jika Dugaan Seperti Itu SALAH BESAR.!!! Lingkaran merah Itu Memiliki Fungsi Yang Penting Yaitu Sebagai Tanda Untuk Rambu2 Menandakan Gawat Darurat (Ledakan)

=====

[PENJELASAN]: Beredar klaim bahwa lingkaran merah dari tabung LPG akan berubah hitam saat akan meledak.

Namun setelah dilakukan penelusuran, klaim tersebut tidaklah benar.

Faktanya, lingkaran berwarna merah tersebut bukanlah indikator kebocoran gas. Lingkaran merah hanya berfungsi sebagai penanda bahwa tabung LPG ini berisi bahan yang mudah terbakar.

Menurut Badan Standardisasi Nasional (BSN), setiap tabung gas yang mengandung bahan mudah meledak dan telah lulus berbagai uji keamanan harus diberi tanda dengan lingkaran merah.

Pertamina menambahkan zat merkaptan agar gas memiliki bau khas yang dapat tercium saat terjadi kebocoran. Untuk mendeteksi lebih lanjut, bisa dilakukan dengan menyiram tabung atau valvenya dengan air sabun. Jika muncul busa, berarti ada kebocoran.

Dengan demikian klaim mengenai mengenai lingkaran merah pada tabung LPG berubah menjadi hitam sebagai penanda akan meledak tidak benar, dengan kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]: https://turnbackhoax.id/2024/06/12/salah-lingkaran-merah-di-tabung-lpg-jadi-hitam-tanda-kondisi-bahaya/

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34WM8BK