[SALAH] FIFA Resmi Bekukan Sepak Bola Malaysia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan tersebut tidaklah benar. Unggahan yang menyatakan klaim tersebut ternyata hanya membacakan narasi yang ditemukan di sebuah artikel nasional terkait saran dari FIFA dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi sepak bola di Malaysia.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1721023297.415438/index.html

====
[NARASI]
Wow! FIFA Resmi Bekukan Sepak Bola Malaysia Hari Ini, Tak Ada Lagi Timnas Indonesia Vs Malaysia.

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan beredar di Youtube menyatakan bahwa sepak bola Malaysia dibekukan FIFA sehingga Timnas Malaysia tidak bisa bermain lagi. Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Kanal pada 14 Juli 2024

Setelah dilihat video secara keseluruhan, unggahan tersebut tidak ada yang menyebutkan bahwa FIFA telah resmi membekukan sepak bola Malaysia. Narator dalam video ini hanya menyampaikan tentang agen FIFA yang memberi nasihat kepada sepak bola Malaysia. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan yang disampaikan narator di internet dan menemukan di artikel http://tvonenews.com. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa seorang agen FIFA memberikan sebuah saran untuk Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan Liga Sepak Bola Malaysia terkait permasalahan yang sedang terjadi yaitu tentang tunggakan gaji pemain.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan tentang FIFA resmi membekukan sepak bola Malaysia tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.tvonenews.com/amp/bola/timnas/225964-agen-fifa-beri-nasihat-untuk-liga-malaysia-begini-katanya