[SALAH] Seluruh Kota Jakarta Selatan Terendam Banjir pada 3 Juli 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengenai seluruh kota Jakarta Selatan terendam banjir adalah salah. Faktanya banjir hanya merendam Jalan Ciledug Raya, Jakarta Selatan.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/ttq4ciM6kdw  (arsip)

===========

[NARASI]: “Jaksel Menjerit! Siesi Kota Mendadak Lenyap, Banjir Jakarta Hari Ini”

===========

[PENJELASAN]: Pada 3 Juli 2023 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Jaksel Menjerit! Siesi Kota Mendadak Lenyap, Banjir Jakarta pada 3 Juli 2024.

Namun, setelah disimak ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh CNN yang berjudul “Jalan Ciledug Raya Jakarta Selatan Terendam Banjir Imbas Hujan”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa terjadi banjir yang melenyapkan Jakarta Selatan pada 3 Juli 2024.

Menurut BPBD DKI Jakarta, hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu 3 Juli 2024 menyebabkan terjadinya genangan di wilayah DKI Jakarta. BPBD mencatat genangan saat ini terjadi di ruas Jalan Ciledug Raya, Jakarta Selatan. 

BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Genangan tersebut ditargetkan surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan

Sementara itu, setelah dilakukan pencarian gambar, tumbnail yang digunakan pada video Youtube tersebut identik dengan foto pada artikel hipwee.com yang berjudul “PNS Korban Banjir Bisa Ajukan Cuti Hingga Maksimal Satu Bulan. Tapi Ternyata Ada Syaratnya”. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan Jakarta Selatan lenyap akibat adalah salah. Faktanya hujan yang melanda wilayah DKI Jakarta hanya menyebabkan satu ruas jalan terendam.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240703182627-20-1117241/jalan-ciledug-raya-jakarta-selatan-terendam-banjir-imbas-hujan

https://www.hipwee.com/feature/pns-korban-banjir-cuti/