[SALAH] Ruas Jalan Dodop-Motongkad Longsor 11 Juli 2024

Hasil periksa fakta Rahmah.

Humas Polres Boltim mengklarifikasi langsung ke lokasi dan menyatakan tidak ditemukan adanya tanah longsor di ruas jalan Dodop-Motongkad.

KATEGORI: Konteks yang salah

===
SUMBER: FACEBOOK
https://archive.is/yyKhU

===
NARASI:
“jalan Dodap motongkad putus”

===
PENJELASAN:
Ruas jalan antara Desa Dodop – Desa Motongkad dikabarkan longsor. Informasi tersebut beredar di media sosial Facebook. Salah satu pengguna Facebook memposting foto yang menampilkan titik koordinat lokasi, tanggal dan waktu. Pada foto memperlihatkan material longsor yang memutus akses jalan tersebut terjadi pada 11 Juli 2024.

Berdasarkan hasil penelusuran, Humas Polres Boltim membantah rumor longsor yang terjadi di jalan antara Desa Dodop – Desa Motongkad. Polres Boltim meninjau langsung lokasi tersebut dan tidak ditemukan longsor sepanjang jalan Dodop-Motongkad. Ketika menelusuri titik koordinat pada gambar merujuk pada lokasi Molobog – Onggunoi, Matabulu, Kec. Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.


“ Terkait informasi yang beredar di media sosial tentang adanya tanah longsor di ruas jalan antara Desa Dodap Kec. Tutuyan dan Desa Motongkad Kec. Motongkad setelah dilakukan pengecekan oleh Personil Polres Boltim tidak ditemukan adanya Tanah Longsor di ruas jalan tersebut, ruas jalan tersebut masih bisa dilewati sehingga informasi tersebut tidak benar. Untuk itu kami menghimbau kepada pengguna medsos agar tidak membagikan postingan yang belum tentu kebenarannya. Saring sebelum sharing, Bijaklah menggunakan medsos…“ keterangan resmi Polres Boltim pada akun Facebooknya.

Dapat disimpulkan postingan Facebook yang mengklaim terjadi longsor di jalan antara Dodop dan Motongkad adalah keliru dan masuk ke dalam kategori konteks yang salah.

===
REFERENSI:
https://www.facebook.com/share/p/WFa8oj79hZDhjvon/?mibextid=qi2Omg

https://www.google.com/maps/place/0%C2%B032’29.0%22N+124%C2%B029’25.1%22E/@0.5414054,124.4877251,17z/data=!3m1!4b1!4m4!3m3!8m2!3d0.5414!4d124.4903?entry=ttu