[SALAH] Pertandingan Indonesia vs Portugal 1 – 0

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, klip dalam video tersebut merupakan pertandingan Portugal vs Ceko di Euro 2024. Sampai saat ini belum ada pertandingan antara Portugal dengan Indonesia.

=====    

KATEGORI: Satire   

=====    

Sumber: TikTok
https://ghostarchive.org/archive/Vq5UO

=====    

Narasi   
Tendangan luar kotak pinalti dari Prof. Haye bikin Ronaldo menangis :sob::sob:

=====   

Penjelasan:   
Akun tiktok GilaBola:goat::football2: telah mengunggah sebuah video yang mengklaim bahwa adanya pertandingan antara Portugal vs Indonesia dengan perolehan skor 0 – 1 yang dimenangkan oleh Timnas Indonesia. 

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan google search image dengan tangkapan layar dari Thom Haye, penelusuran mengarah kepada kanal berita RadarSitubondo.id dengan judul “Gol Thom Haye di Laga Timnas Indonesia Kontra Filipina Tuai Pujian, Disandingkan dengan Jude Bellingham” yang diunggah pada 12 Juni 2024. 

Dalam berita tersebut, terdapat thumbnail yang sama dengan tangkapan layar dari video tiktok GilaBola. Ternyata, pose selebrasi Thom Haye dalam video tersebut merupakan pose saat Haye berhasil mencetak gol dari luar kotak penalti saat pertandingan Kualifikasi Piala Dunia dengan melawan Filipina. 

Kemudian sebuah cuplikan video pertandingan tersebut identik dengan video pada laman youtube MNCTV Official dengan judul “FULL HIGHLIGHT! PORTUGAL (2) VS (1)  CEKO | UEFA EURO 2024” pada menit 1.40 sampai 1.43. Kemudian, dalam tangkapan layar skor yang ada dalam video tersebut merupakan editan, sampai saat ini, belum adanya pertandingan antara Indonesia dengan Portugal. 

=====     

Referensi:    
https://youtu.be/Gto668JYNtE?si=PqXztWM4j6Q2aaZh
https://radarsitubondo.jawapos.com/olahraga/2004750610/gol-thom-haye-di-laga-timnas-indonesia-kontra-filipina-tuai-pujian-disandingkan-dengan-jude-bellingham