[SALAH] Penemuan Biksu Berusia 300 Tahun di Pegunungan Nepal

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, foto tersebut merupakan jenazah Luang Phor Pian, seorang biksu Budha di Thailand.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/MyaiD

=====    

Narasi   
Baru saja ditemukan seorang biksu dalam sebuah gua di pegunungan Nepal.
Semula para peneliti mengira ini sebuah mummi, setelah diamati dengan seksama ternyata denyut nadinya masih ada walaupun lemah sekali.
Diperkirakan biksu ini sudah berumur 300 tahun.

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun twitter bernama My Name is The Johan mengunggah postingan yang mengklaim ditemukannya biksu yang diperkirakan berusia 300 tahun di pegunungan Nepal. 

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan google search image, terdapat beberapa artikel berita yang telah membahas foto yang identik mengenai ditemukannya biksu berusia 300 tahun. Dilansir dari kompas,com, gambar yang dibagikan identik dengan foto pada thumbnail artikel berita The Sun dengan judul “SMILING DOWN ON US Dead Buddhist monk ‘smiles’ after his body was removed from his coffin two months after he died” yang diunggah pada tanggal 22 Januari 2018. 

Dalam artikel tersebut, memberitakan mengenai Luang Phor Pian, seorang biksu Buddha di Thailand yang meninggal pada 16 November 2017 di Bangkok dalam usia 92 tahun. Pada awal 2018, saat kematiannya menginjak 100 hari, para pengikutnya mengeluarkan jasad Luang Phor Pian dari peti untuk memakaikan jubah baru yang masih bersih. Saat peti tersebut dibuka mereka menemukan jenazah Luang Phor Pian tidak membusuk dan wajahnya juga tampak tersenyum.

Sehingga, foto dalam postingan facebook Agus Badro’en bukan penemuan biksu berusia 300 tahun di Malang, melainkan jasad biksu Thailand Luang Phor Pian yang tidak membusuk dan wajahnya masih tersenyum.  

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/05/175000882/-klarifikasi-konten-satire-soal-biksu-berusia-300-tahun-di-malang
https://www.thesun.co.uk/news/5399543/incredible-pics-show-dead-buddhist-monk-smiling-after-his-body-was-removed-from-his-coffin-by-followers-two-months-after-he-died/