[SALAH] Pesan WhatsApp Video Narkoba Dicampur Kedalam Tepung Gorengan

Hasil periksa fakta Rahmah.

Klaim video yang beredar keliru. Faktanya video tersebut adalah video penggerebekan Clandestine Laboratory atau home industry tembakau sinte.

KATEGORI: KONTEN MENYESATKAN

SUMBER: WhatsApp

NARASI: KENAPA PRODUKSIDan PENYEBARAN-Nya ADA DI BOGOR,,Kemarin Di Gunung Putri,,Di Cibinong,,Cisarua Lalu Di Cigombong,,Sekarang Di Sentul,, Untuk Ibu-Ibu Dan Orang-tua,,Waspada Dan Hati-Hati Untuk Yang SukaBeli Gorengan,,Mau-Pun Tepung Buat Goreng Makanan,,Sekarang Ada MODUS BARU,,Gorengan-Nya Di Campur Bubuk NarkobaBiar Lebih Crispy Dan Enak,,Hingga Nanti-Nya KetagihanSetelah Ketagihan Disitulah Akan AdaGejala Seperti Demam Dan Menggigil YangSangat Dahsyat,,Jika Tidak Di Belikan Gorengan Yang BiasaDikonsumsi,,Maka Lebih Menderita Seperti Orang Pesakitan,,Epilepsi/Ayan Dan Bahkan Lebih FATAL !!!Pelaku-Nya Sudah Di Tangkap Di DaerahSentul-Bogor. Hati2..!, Tolong BantuVIRALKAN !!

PENJELASAN:
Artikel disadur dari Antaranews.
Beredar video yang tersebar di media sosial salah satunya WhatsApp. Pada video berdurasi 1 menit 28 detik memperlihatkan proses penggerebekan yang dilakukan oleh polisi menangkap sejumlah tersangka. Narasi yang beredar mengklaim video penggerebekan produksi narkoba dengan modus baru yaitu mencampur narkoba ke dalam tepung agar makanan lebih enak dan krispi.
Setelah ditelusuri, dilansir dari antaranews.com, Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam memastikan klaim video tersebut tidak benar. Video penggerebekan tersebut memang terjadi namun klaim pada narasi keliru. Saat dilakukan penelusuran video ditemukan video serupa pada akun Instagram Subdit 3 Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Pada postingan akun Instagramnya menyebutkan Subdit 3 Ditresnarkoba berhasil mengungkap home industry pengolahan Cannabinoid di kawasan Sentul, Bogor.


Pada laman turnbackhoax, klaim serupa pernah dibahas pada bulan Mei lalu. Maka dari itu, video berisi narasi penggerebekan modus narkoba dicampur ke dalam tepung untuk makanan adalah keliru dan dapat dikategorikan sebagai konten menyesatkan.

===
REFERENSI:
https://www.antaranews.com/berita/4119549/hoaks-video-tepung-gorengan-campur-narkoba


https://www.instagram.com/subdit3_narkoba.pmj/reel/C6VvyzqvESQ/


https://turnbackhoax.id/2024/05/28/salah-video-tepung-gorengan-dicampur-dengan-narkoba/