[SALAH] GARA-GARA PEGI, KAPOLDA JABAR JADI TERANCAM

Hasil periksa Fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1720598441.786285/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
PEGY BUKAN MASALAH, TETAPI KINERJA POLRI ?

BREAKING NEWS
GARA GARA PEGI?
KAPOLDA JABAR JADI TERANCAM BEGINI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama PILIHAN RAKYAT bernarasikan gara-gara Pegi Setiawan Kapolda Jawa Barat jadi terancam.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan merupakan hasil manipulasi dari foto Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast saat memberikan keterangan di Mapolda Jabar.

Foto aslinya dimuat dalam artikel palpos.bacakoran.co berjudul “Diminta Segera Bebaskan Pegi Setiawan Setelah Kalah Praperadilan : Ini Jawaban Polda Jawa Barat!”.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang DPR RI desak Polri memberikan sanksi kepada penyidik yang salah menetapkan tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Narasi tersebut bersumber dari artikel tribunnews.com berjudul “DPR RI Desak Penyidik yang Mentersangkakan Pegi Setiawan Dapat Sanksi dari Polri”.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi yang disebarluaskan oleh channel youtube PILIHAN RAKYAT adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://palpos.bacakoran.co/read/10221/diminta-segera-bebaskan-pegi-setiawan-setelah-kalah-praperadilan-ini-jawaban-polda-jawa-barat

https://wartakota.tribunnews.com/2024/07/08/dpr-ri-desak-penyidik-yang-mentersangkakan-pegi-setiawan-dapat-sanksi-dari-polri