[SALAH] Alfamart dan Indomaret Mengirimkan Bantuan Makanan Kepada Pasukan Israel

Hasil periksa fakta Raymondha

Klaim mengenai bantuan makanan dari Alfamart dan Indomaret adalah tidak benar. Salah seorang dalam video tersebut mengatakan “Thanks for your kind donations”, bukan “Thank you Indonesia”.

=========== 

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

=========== 

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/rzPEw  (arsip) 

=========== 

[NARASI]: 

“UCAPAN TERIMAKASIH DARI MILITER ISRAEL UNTUK INDONESIA KARENA TELAH MEMBANTU MENGIRIMΚΑΝ ΜΑΚΑΝΑΝ BERUPA ROTI

Boikot Alfa dan indomart

Alfa dan Indomaret

mengirim makanan ke israhell” 

=========== 

[PENJELASAN]: 

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar unggahan di media sosial Facebook dengan klaim peritel Alfamart dan Indomaret mengirimkan bantuan makanan kepada tentara Israel. Unggahan tersebut menampilkan sekelompok orang berpakaian seragam militer sedang memamerkan makanan dan mengucapkan terimakasih.

Faktanya, dilansir dari Kompas, Corporate Communication Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Budi Santoso memastikan narasi mengenai bantuan untuk tentara Israel adalah hoaks. Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Bastari Akmal, narasi tersebut merupakan berita hoax yang sudah lama beredar. 

Setelah menyimak video sampai habis, salah seorang dalam video tersebut mengatakan “thanks for your kind donations”, bukan “Thank you Indonesia”. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika narasi mengenai bantuan makanan dari Alfamart dan Indomaret untuk tentara Israel adalah tidak benar.

=========== 

 [REFERENSI] : 

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/08/195000882/-hoaks-alfamart-dan-indomaret-kirim-bantuan-makanan-untuk-tentara