[SALAH] Temuan Arkeologi Tentang Tengkorak Manusia Zaman Purba

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya informasi tersebut merupakan Hoax Lama Bersemi Kembali (HLBK). Faktanya Fact Crescendo Sri Lanka menyebut foto yang menunjukkan seorang wanita berdiri di samping tengkorak raksasa 10 kaki adalah hoaks.

=====

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://arsip.cekfakta.com/archive/1720167580.200788/index.html

=====

[NARASI]: Temuan arkeoligis membuktikan manusia jaman  purba….

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@Awandiatassana” yang mengunggah gambar dengan narasi temuan arkeologi tentang tengkorak manusia zaman purba.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut berulang kali muncul pada bulan Mei tahun 2024, pemeriksa fakta Mafindo telah membuat artikel klarifikasi pada laman Turnbackhoax.id dengan judul artikel “Tiga Foto “Penemuan Luar Biasa Tengkorak Raksasa, Tinggi Lebih dari 10 Kaki”.

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut menggunakan Google Lens,  Faktanya Fact Crescendo Sri Lanka menyebut foto yang menunjukkan seorang wanita berdiri di samping tengkorak raksasa 10 kaki adalah hoaks.

Setelah penyelidikan, juru bicara Departemen Arkeologi Sri Lanka membantah mengetahui atau menemukan bukti apa pun di Gua Pahiyangala. Selain itu, tidak ada temuan signifikan terkini yang dilaporkan dari gua tersebut.

Dengan demikian klaim tentang temuan arkeologi tentang tengkorak manusia zaman purba adalah salah dan masuk kategori konten palsu.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/05/30/salah-tiga-foto-penemuan-luar-biasa-tengkorak-raksasa-tinggi-lebih-dari-10-kaki/
https://srilanka.factcrescendo.com/english/no-evidence-of-a-10-foot-tall-giant-skull-found-in-pahiyangala-cave/