[SALAH] JOKOWI SELEWENGKAN DANA PENDIDIKAN 665T

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Tidak terdapat pemberitaan terkait Jokowi selewengkan dana pendidikan. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1720597250.062542/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
JOKOWI SELEWENGKAN DANA PENDIDIKAN ?

BREAKING NEWS
JOKOWI LANGGAR UNDANG”?
SELEWENGKAN DANA PENDIDIKAN 665T

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama PILIHAN RAKYAT membagikan sebuah video bernarasikan Jokowi selewengkan dana pendidikan sebesar 665 Triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merpakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.com berjudul “JPPI Sebut Setengah Anggaran Pendidikan Dialokasikan untuk Dana Desa Adalah Kebijakan Ngawur”.

Dalam artikel tersebut membahas tentang Koordinator Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) Ubaid Matraji yang menyebut pemerintah benar-benar ngawur apabila setengah dari anggaran pendidikan dialokasikan untuk dana transfer daerah dan dana desa.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Jokowi selewengkan dana pendidikan sebesar 665 Triliun tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.kompas.com/read/2024/07/07/16083991/jppi-sebut-setengah-anggaran-pendidikan-dialokasikan-untuk-dana-desa-adalah