[SALAH] GIBRAN GELAR FESTIVAL MAKANAN NON HALAL DI SOLO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Tidak ditemukan pemberitaan terkait Gibran gelar festival makanan non halal di Solo. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1720402244.760864/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Politik terkini – GIBRAN GELAR FESTIVAL MAKANAN NON HALAL DI SOLO. @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!
FESTIVAL MAKANAN HARAM
GIBRAN MENGHINDARI KONFLIK DG CARA KABUR?

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Garis politik bernarasikan Gibran gelar festival makanan non halal di Solo dan menghindari konflik dengan cara kabur.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang menampilkan kursi dan stand makanan di dalam mal tersebut telah dimanipulasi dengan tambahan beberapa gambar. Gambar aslinya dimuat dalam artikel cnnindonesia.com dengan judul “Festival Kuliner Non-Halal di Solo Disetop Imbas Protes Ormas”.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang pasang badan demi festival kuliner non halal bertajuk ‘Festival Pecinan Nusantara’ di Kota Solo yang menuai pro dan kontra tetap terselenggara. Gibran meninggalkan mobil dinasnya parkir di depan lobi Solo Paragon Mal dimana lokasi festival kuliner non halal diselenggarakan sebagai upaya untuk menegakkan toleransi di Kota Solo.

Narasi tersebut bersumber dari artikel metrotvnews.com berjudul “Gibran Pasang Badan Terkait Festival Kuliner Non Halal”.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Gibran gelar festival makanan non halal di Solo dan menghindari konflik dengan cara kabur adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240703192740-20-1117277/festival-kuliner-non-halal-di-solo-disetop-imbas-protes-ormas

https://www.metrotvnews.com/read/N4ECJapr-gibran-pasang-badan-terkait-festival-kuliner-non-halal