[SALAH] Gambar Demo Kebebasan Pegi Setiawan pada 1 Juni di Cirebon

Keempat gambar yang diklaim merupakan demo Kebebasan Pegi Setiawan pada 1 Juni di Cirebon tidak benar. Faktanya, keempat gambar tersebut tidak ada kaitannya dengan demo Kebebasan Pegi Setiawan.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1719463972.473755/screenshot.png

= = = = =

NARASI:
“Semangat 45 dimulai 🔥🔥
Demo cirebon 1 juni…
Demo Kebebasan Pegi Setiawan

demo1juni2024
cirebon
kasusvina
pegi
fyp
viral”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook Evha pada 1 Juni 2024 pukul 09.10 memposting 4 buah gambar yang diklaim merupakan demo 1 Juni yang menuntut kebebasan Pegi Setiawan. Gambar pertama menampilkan masa yang menggunakan almamater biru muda dan biru tua, 2 gambar yang berikutnya menampilkan masa membawa bendera Palestina, gambar yang terakhir beberapa orang yang mana salah satu dari orang tersebut seperti membacakan sesuatu. Pada gambar yang terakhir terdapat narasi XTC, Moonrsker, GBR dan Konack Cirebon menggelar aksi bersama perihal kasus Vina nama nama tersebut merupakan nama komunitas motor.

Setelah ditelusuri menggunakan Google Image ditemukan hasil sebagai berikut:

Pertama, gambar yang menampilkan masa menggunakan almamater biru muda dan biru tua setelah ditelusuri, gambar tersebut merupakan aksi demonstrasi di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau. Aksi demonstrasi tersebut terjadi di bulan Oktober 2020 dengan tuntutan mengenai Undang-Undang Cipta Kerja. Sebelumnya juga terdapat hoaks massa yang menggunakan almamater biru muda dan biru tua yang diklaim sebagai demo kasus Pegi dan Vina Cirebon namun berupa video.

Kedua, gambar yang menampilkan masa membawa bendera Palestina setelah ditelusuri gambar bangunan masjid identik dengan bangunan Masjid Raya Al Mashun. Setelah ditelusuri menggunakan Google Maps untuk memastikan kembali, memang benar lokasi gambar tersebut di Masjid Raya Al Mashun Medan, Sumatera Utara. Setelah ditelusuri lebih mendalam terdapat gambar yang identik dengan gambar postingan Facebook pada artikel milik antaranews.com berjudul “Ribuan warga Sumut gelar aksi kecam serangan Israel ke Palestina” yang diunggah pada Sabtu 1 Juni 2024 pukul 12.16 WIB. Jika diperhatikan gambar pada artikel diambil lebih dekat kepada objek sedangkan gambar postingan Facebook diambil dari jarak yang lebih jauh. Hal tersebut berdasarkan bentuk pohon, tiang listrik yang ada di samping pohon dan bentuk bangunan serta objek sound system yang ada di samping seseorang boleh mengenakan baju hitam.

Tiga, gambar XTC, Moonrsker, GBR dan Konack Cirebon menggelar aksi bersama perihal kasus Vina setelah ditelusuri gambar tersebut identik dengan artikel belitung.tribunnews.com dalam artikel berjudul “4 Kelompok Geng Motor Cirebon Tak ” rongga pada Sabtu, 1 Juni 2024 pukul 15.53 WIB. Gambar tersebut merupakan empat pengurus kelompok motor di Cirebon yaitu XTC, Moonrsker, GBR dan Konack menjelaskan bahwa 8 terpidana dalam kasus Vina bukan merupakan anggota komunitas motor diantara nama-nama komunitas tersebut.

Dengan demikian keempat gambar yang diklaim merupakan demo Kebebasan Pegi Setiawan pada 1 Juni di Cirebon tidak benar. Keempat gambar tersebut tidak ada kaitannya dengan demo Kebebasan Pegi Setiawan. Gambar massa yang menggunakan almamater biru muda dan biru tua merupakan aksi demo di Riau dengan tuntutan mengenai Undang-Undang Cipta Kerja pada 2020. Gambar massa membawa bendera Palestina berlokasi di Masjid Raya Al Mashun Medan, Sumatera Utara, yang mana warga Sumut menggelar aksi kecam serangan Israel ke Palestina. Gambar XTC, Moonrsker, GBR dan Konack Cirebon diambil saat komunitas motor tersebut menjelaskan bahwa 8 dari terpidana kasus Wina bukan anggota dari komunitas motor tersebut. Berdasarkan beberapa hal di atas maka hoaks tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2024/06/27/salah-video-1-juni-demo-kasus-cirebon/
https://www.matatelinga.com/Berita-Sumut/aksi-di-masjid-raya-al-mashun-ormas-islam-kecam-penembakan-6-anggota-fpi
https://www.google.com/maps/@3.575803,98.6867304,3a,89.5y,148.02h,92.89t/data=!3m6!1e1!3m4!1sU_aeDK6gD4sSgkzGguTOmw!2e0!7i16384!8i8192?coh=205409&entry=ttu
https://www.antaranews.com/berita/4131918/ribuan-warga-sumut-gelar-aksi-kecam-serangan-israel-ke-palestina
https://belitung.tribunnews.com/2024/06/01/4-kelompok-geng-motor-cirebon-tak-kenal-8-terpidana-kasus-vina-cirebon?page=all