[SALAH] Foto Kendaraan PT. Gunung Selatan dibakar oleh OPM di Papua 

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, foto dalam unggahan facebook Indonesia Peduli bukan foto dari OPM yang membakar kendaraan PT. Gunung Selatan, melainkan 2 jenis peristiwa berbeda yang terjadi pada tahun 2022 dan bulan Maret 2024. 

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/gUkso

=====    

Narasi   
OPM hambat dan rusak pembangunan di papua

=====   

Penjelasan:   
Akun facebook Indonesia Peduli telah mengunggah postingan pada grup facebook Relawan Ganjar – Anies Bersatu untuk Indonesia Damai mengenai OPM yang membakar sejumlah kendaraan yang dimiliki oleh PT. Gunung Selatan. 

Setelah dilakukan penelusuran foto pertama yang menunjukkan foto truk menggunakan search image google, foto tersebut mengarah pada laman berita tvonenews.com yang diunggah pada 13 November 2022 dengan judul “Kerusuhan di Dogiyai Papua Diduga Akibat Provokasi Massa yang Berseberangan dengan NKRI”.

Dilansir dalam tvonenews.com, massa membakar truk tersebut setelah diduga menabrak seorang balita usia 5 tahun bernama Noldi Goo hingga tewas pada Sabtu 12 November 2022 di Kampung Ikebo, Distrik Kamu, Dogiyai, Papua.  

Kemudian, dilakukan juga penelusuran pada gambar kedua yang menunjukkan foto eskavator menggunakan search image google, ternyata, foto tersebut mengarah pada laman berita Jubi.id dengan judul “Polisi menduga Kantor BPBD Dogiyai sengaja dibakar” dan diunggah pada 13 Maret 2024. 

Dilansir dari Jubi.id, eskavator tersebut milik PT Malabiso Usua Jaya yang terbakar di Kampung Ugapuga, Distrik Kammu Timur, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah pada 12 Maret 2024. Terdapat satu eskavator dan satu unit tandem/bomag (alat pengeras jalan) yang dibakar. Sebelumnya, eskavator tersebut digunakan untuk perbaikan Jalan Trans Nabire – Enarotali, Kampung Deiyapa, Distrik Kamuu Timur, Kabupaten Dogiyai, Papua Tengah.   

Sehingga, foto dalam unggahan facebook Indonesia Peduli bukan foto dari OPM yang membakar kendaraan PT. Gunung Selatan melainkan merupakan 2 jenis peristiwa yang berbeda pada tahun 2022 dan bulan Maret 2024. 

=====     

Referensi:    
https://www.tvonenews.com/daerah/regional/81220-kerusuhan-di-dogiyai-papua-diduga-akibat-provokasi-massa-yang-berseberangan-dengan-nkri
https://jubi.id/polhukam/2024/polisi-menduga-kantor-bpbd-dogiyai-sengaja-dibakar/