[PENIPUAN] Jokowi Bagikan Speaker Bluetooth di Akhir Masa Jabatan

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, klip tersebut identik dengan unggahan dari laman youtube Sekretariat Presiden yang diunggah pada 4 Maret 2024. Suara dalam video tersebut juga telah dimanipulasi dengan AI.

=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1720096798.715409/index.html

=====    

Narasi   
Pak Jokowi bagi bagi speaker bluetooth gratis  

 
=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Cek Fakta Kompas.
Akun facebook Zaharuddin Nasution telah mengunggah sebuah postingan mengenai pembagian pengeras suara atau speaker bluetooth pada akhir masa jabatannya. 

Dilansir dari kompas.com, tim pemeriksa fakta Kompas telah melakukan pengecekan suara menggunakan website deteksi AI Hive Moderation. Saat dilakukan pengecekan, ternyata probabilitas suara Jokowi dihasilkan oleh kecerdasaan buatan atau AI dengan mencapai persentase 99,9 persen.

Klip video yang ditampilkan dalam unggahan tersebut juga identik dengan postingan pada laman Youtube Sekretariat Presiden dengan judul “LIVE : Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, 4 Maret 2024”. Dalam video asli, Jokowi menyampaikan akan mengunjungi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia pada 5 Maret 2024. Selain itu, Jokowi menyampaikan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia, Selandia Baru, dan Kamboja.

Sehingga, dalam video asli tersebut Jokowi tidak menyebutkan akan membagikan speaker gratis. Suara dalam video asli tersebut telah dimanipulasi dengan menggunakan AI. 

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/07/04/183000082/-hoaks-video-jokowi-akan-bagikan-speaker-bluetooth-gratis
https://turnbackhoax.id/2024/04/26/salah-jokowi-berikan-speaker-bluetooth-dalam-rangka-lepas-jabatan/