[SALAH] Video “Detik-detik Tentara Kena Baling-baling Pesawat yang Akan Parkir”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut adalah sebuah pertunjukan panggung Indiana Jones di Disney’s Hollywood Studio di Amerika Serikat.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3VJiTJB

= = =

Narasi:

“Hancur lebur tubuhnya:exclamation:️”

“DETIK-DETIK TENTARA K3N4 B4LIN9-B4LIN9 PESAWAT YANG AKAN PARKIR”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah video di Facebook dengan klaim bahwa seorang tentara dalam video tersebut terkena baling-baling saat pesawat hendak diparkirkan, pada captionnya tertulis bahwa tubuhnya hancur lebur.

Setelah ditelusuri oleh Tim Cek Fakta Kompas.com dengan menggunakan Google Lens, ditemukan fakta bahwa kejadian dalam video tersebut merupakan pertunjukan panggung Indiana Jones di Disney’s Hollywood Studios di Bay Lake, Florida, Amerika Serikat.

Adegan seorang yang disebut tentara tersebut terkena baling-baling pesawat dilakukan oleh seorang stuntman, namun peristiwa tersebut merupakan bagian dari pertunjukan. Ditemukan video dengan pengambilan gambar dari sudut yang berbeda yang terpublikasi di YouTube dengan judul “Indiana Jones Epic Stunt Spectacular at Night in 4K | Disney’s Hollywood Studios Walt Disney World” tepatnya pada durasi 27:58 terlihat stuntman tersebut menghindari baling-baling sehingga ia tidak terluka.

Dengan demikian, video detik-detik tentara terkena baling-baling pesawat hingga tubuhnya hancur adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/28/100100582/-hoaks-video-tentara-terhantam-baling-baling-pesawat

= = =