[SALAH]: TKA Cina didatangkan untuk dijadikan operator Kereta Cepat

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Untuk mempercepat alih keahlian dalam mengoperasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), PT KCIC membawa banyak pekerja asal China dan melibatkan 1.096 tenaga kerja Indonesia yang akan dilatih dan bekerja bersama mereka.

====

[KATEGORI]: Konteks yang Salah.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/VS6E-T8RS

====

[NARASI]: Utangnya dari China

Tenaga kerjanya dari China

Operatornya pun dari China

Keuntungan yang dapat orang China

Kita orang Indonesia kebagian suruh bayar utangnya

Terus yang dibanggakan dari proyek ini apa??

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah video di Media sosial dengan klaim TKA China dijadikan operator kereta cepat Jakarta – Bandung.

Setelah dilakukan penelusuran, klaim tersebut tidak sepenuhnya benar.

Faktanya, Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa, menyatakan bahwa ratusan pekerja asing merupakan hasil kerjasama dengan Konsorsium PT KAI dan China Railway untuk mengoperasikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selama satu tahun.

Sementara itu, KCIC sedang mempersiapkan 1.096 tenaga kerja Indonesia (TKI) untuk mendampingi pekerja asal China, sehingga terjadi alih kemampuan dalam mengoperasikan dan merawat sarana KCJB.

Eva menjelaskan bahwa banyaknya pekerja asal China yang didatangkan disebabkan oleh perubahan strategi untuk mempercepat transfer keahlian dan pengetahuan yang sudah diprogramkan. Awalnya, 1.096 TKI akan dikirim ke Tiongkok mulai tahun 2021 agar nantinya bisa mengoperasionalkan KCJB. Eva mengatakan bahwa TKI yang dilibatkan dalam operasional Kereta Cepat harus melalui proses pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan. Saat ini, sekitar 300 TKI telah melalui proses pendidikan di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI).

Jadi klaim TKA China didatangkan untuk dijadikan operator tersebut kurang tepat dengan kategori konteks yang salah.

====

[REFERENSI]: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230915082105-92-999298/operasional-kereta-cepat-jakarta-bandung-libatkan-852-pekerja-china

https://www.kompas.com/tren/read/2023/09/15/180000965/alasan-kcic-libatkan-852-tka-china-dalam-operasional-kereta-cepat

[SALAH] 852 TKA China Didatangkan Untuk Menjadi Operator Kereta Cepat