[PENIPUAN] Pembagian Donasi oleh Wali Kota Cilegon Melalui WhatsApp

Hasil periksa fakta Rahmah.

Pemkot Cilegon dengan tegas menyatakan proses adminitrasi yang berkaitan dengan Pemkot Cilegon dilakukan secara resmi dan tidak meminta uang secara pribadi ke masyarakat.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===
SUMBER: WhatsApp

===
NARASI:
“S: Apakah benar saya terhubung dengan pengurus / ketua di TKIT Paradise Cilegon
R: Waalaikumsalam
Maaf ini dengan siapa?
S: Salam silaturahmi, Perkenalkan saya H. Heldy Agustian, SE,SH., selaku Walikota Cilegon. Niat dan tujuan saya menghubungi ibu ingin menyampaikan prihal donasi yang akan dibagikan oleh Pemkot Cilegon. Donasi yang dibagikan per/5tahun sekali, guna untuk meningkatkan fasilitas tempat ibadah dan prasarana kegiatan sekolah, dan diperuntukkan ke seluruh wilayah Pemkt Cilegon.
Bagaimana kabarnya Ibu, Isti, baik ya..”

===
PENJELASAN:
Artikel disadur dari akun Instagram Pemkot Cilegon.

Kali ini beredar pesan WhatsApp yang memasang nama dan foto profil Wali Kota Cilegon, Heldy Agustian. Isi pesan tersebut menyampaikan pemberian donasi yang merupakan program Pemkot Cilegon dibagian setiap 5 tahun sekali ditujukan kepada tempat ibadah maupun prasana sekolah.

Pemkot Cilegon mengunggah tangkapan layar akun WhatsApp tersebut menjelaskan bahwa akun WhatsApp bernomor 0877 7667 3509 yang tertera merupakan modus penipuan. Pihaknya meminta masyarakat waspada terhadap modus penipuan serupa mengatasnamakan pejabat di lingkungan pemerintah Kota Cilegon.

Pada unggahan di akun Instagram @.pemkotcilegon dengan tegas menyebutkan semua proses administrasi yang berkaitan dengna pemkot dilakukan secara resmi dan tidak melibatkan pemindahan secara langsung kepada pejabat. Dapat disimpulkan akun WhatsApp mengatasnamakan Wali Kota Cilegon Heldy Agustian merupakan konten tiruan.

===
REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/C7Lf10hrfAW/?igsh=ZTdldTFsbDQ2cnl5