[SALAH] Warga Berhamburan Akibat Letusan Semeru 24 Juni 2024

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, narator hanya membaca ulang berita dari kanal detik.com. Letusan Semeru terjadi pada 19 Juni 2024 dan warga hanya dihimbau untuk tidak mendekati radius 5 kilometer.

=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/Bm6wCyPyOVc

=====    

Narasi   
BENCANA HARI INI~ DETIK DETIK WARGA BERHAMBURAN AKIBAT LETUSAN SEMERU :bangbang:

=====   

Penjelasan:   
Akun GEMBOK NUSANTARA telah memposting video mengenai bencana letusan gunung Semeru pada 24 Juni 2024. Letusan tersebut juga menyebabkan warga berhamburan pergi. 

Setelah dilakukan penelusuran, narator pada unggahan video tersebut hanya membaca ulang artikel dari detik.com yang berjudul “Gunung Semeru 3 Kali Erupsi Pagi Ini, Ketinggian Letusan hingga 700 Meter”. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur kembali mengalami erupsi pada 19 Juni 2024. Erupsi pada tanggal 19 Juni 2024 berlangsung sebanyak 3 kali. Informasi Letusan Gunung Api yang dirilis di situs web resmi Magma ESDM, erupsi pagi ini terjadi pada pukul 06.47 WIB, 07.36 WIB dan 08.41 WIB.

Sementara itu, Magma ESDM hanya menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah atau puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu. 

=====     

Referensi:     
https://www.detik.com/jatim/berita/d-7400916/gunung-semeru-3-kali-erupsi-pagi-ini-ketinggian-letusan-hingga-700-meter