[SALAH] Waiting For The Call: Lagu Michael Jackson Tentang Ibadah Haji

Hasil periksa fakta Agnes A

Bukan dinyanyikan Michael Jackson. Lagu Waiting For The Call dinyanyikan oleh Irfan Makki, seorang penyanyi muslim dari Kanada.

=====

[KATEGORI]: Konteks yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/Pxhxg (Twitter/X)

=====

[NARASI]: “WAITING FOR THE CALL

:musical_score: Lagu yg tidak pernah diizinkan utk umum….tetapi setelah matinya MICHAEL JACKSON terbongkar satu persatu….inilah salah satu lagunya yg dikunci oleh pihak pemerintahan Amerika Serikat, lagu yg memuji kebesaran Agama Islam yg terang lagi nyata.”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Twitter/X mengunggah cuitan dengan melampirkan sebuah video dengan klaim bahwa lagu tersebut adalah lagu “Waiting For The Call” yang dinyanyikan oleh Michael Jackson. Lagu ini disebut dikunci oleh pemerintah Amerika Serikat karena berisi tentang kebesaran agama Islam.

Dalam cuitan tersebit juga menyebut bahwa lagu ini berisi tentang indahnya ibadah haji. Sehingga lagu ini tidak pernah dirilis untuk publik.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan mesin pencarian Google, dditemukan narasi serupa yang sebelumnya pernah beredar pada tahun 2021 dan 2022.

Lagu tersebut bukanlah lagu Michael Jackson, melainkan lagu yang dinyanyikan Irfan Makki, seorang penyanyi muslim dari Kanada. Lagu aslinya dapat dilihat pada kanal Youtube Awakening Music yang diunggah pada 30 Juli 2012.

=====

[REFERENSI]: