[SALAH] Video Helikopter yang Membawa Orang Kaya ke Mina

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Helikopter tersebut merupakan ambulans udara Saudi Red Crescent Authority (SRCA).

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1719156866.155557/index.html

[NARASI]
” Dalem nya raffi ahmad kayanya VVVVVVIP BANGET INI MASYALLAH
Pake helli ga cape”

[PENJELASAN]
Beredar video yang mengklaim ada helikopter yang membawa Jamaah kaya raya menuju Mina. Video yang beredar memperlihatkan sebuah helikopter berwarna putih, biru, dan merah hendak mendapat di landasan pendaratan helikopter/ helipad. Faktanya, helikopter tersebut adalah ambulans udara.

Setelah dilakukan penelusuran Google dengan kata kunci “Helikopter jamaah haji di Mekkah” ditemukan kemiripan warna pada helikopter tersebut dengan foto artikel timesindonesia.co.id. Ambulans helikopter ini digunakan untuk menyelamatkan nyawa dan menjaga kesehatan jama’ah selama musim Haji 2024.

Tahun ini, otoritas tersebut mengerahkan tujuh helikopter di berbagai area sekitar Masjidil Haram dan Tempat Suci untuk menjangkau semua pasien dan individu yang terluka. Ambulans udara ini mampu menjangkau pasien di berbagai lokasi dengan cepat, menyediakan layanan medis yang terspesialisasi, dan memindahkan pasien ke fasilitas kesehatan khusus dalam jangka waktu yang singkat.

[REFERENSI]
https://srca.org.sa/en/media/authority-news/srca-air-ambulance-service-transported-402-cases-in-10-months-in-various-regions/

https://www.detik.com/hikmah/haji-dan-umrah/d-7389051/ada-7-ambulans-udara-siap-layani-jemaah-haji-di-tempat-suci

https://haji.timesindonesia.co.id/read/498989/arab-saudi-luncurkan-layanan-ambulans-udara-srca-di-makkah-untuk-haji-2024

https://khazanah.republika.co.id/berita/mj9yss/subhanallah-jamaah-masjidil-haram-akan-difasilitasi-helikopter