[SALAH] Video “Detik-detik Rumah Baru Suhartoyo Ketua MK Ambrol Masuk Jurang”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya rumah yang roboh akibat longsor tersebut bukan rumah Suhartoyo, Ketua MK. Diketahui video tersebut diambil saat longsornya perumahan elit di Citraland Bandar Lampung.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719211200.253066/index.html

= = =

Narasi:

“*DETIK DETIK RUMAH BARU SUHARTOYO KETUA MK AMBROL MASUK JURANG…*

*ASTAGHFIRULLAH HAL ADZIM*

*Tentang rumah tingkat kok di pinggir dan puncak Gunung*

*<<RUMAH HASIL KORUPSI>>*

*INNALILAHI WA INNA ILAIHI RAJI’UN*

*NITIZEN : Mampuuus Kau Suhartolol, Itulah mulai Allooh Mempreteli Segala yang Kau raih Dari perbuatan Tololmu, Semoga Berbagai Azab Allooh Timpakan padamu dan Keluargamu, juga Kroni”mu, yng Mendukung Kecurangan dan kebohongan,*    ”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan rumah yang roboh akibat tanah longsor. Dalam postingan Facebook tersebut menyebut bahwa rumah tersebut adalah milik Suhartoyo, Ketua MK.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo dengan Google Lens yang telah dimuat pada turnbackhoax.id, faktanya video tersebut merupakan robohnya dua rumah di kawasan elit Citraland Bandar Lampung. Robohnya rumah dalam video tersebut berada di tepi jurang, tanah yang berada di atas bangunan diperkirakan longsor, yang menyebabkan dua rumah roboh mengikuti aliran tanah longsor. Disebutkan juga bahwa rumah tersebut bukan milik Suhartoyo.

Dengan demikian, video detik-detik rumah Suhartoyo roboh adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

= = =