[SALAH] PENDIRI ANDROID NYATAKAN SIAP HENTIKAN PRODUKNYA BEROPERASI DI INDONESIA APABILA TERJADI BOIKOT

Informasi tersebut palsu. Tidak ditemukan adanya pernyataan resmi dari Andy Rubin seperti halnya yang beredar di media sosial.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK
https://vt.tiktok.com/ZSYu91pFb/

Arsip https://ghostarchive.org/archive/pqXFl

===

NARASI:

Saya Andy Rubin, pendiri & owner ANDROID
Kebetulan saya keturunan Yahudi, kalo mau boikot kami dengan senang hati akan hentikan produk beroperasi di Indonesia

===

PENJELASAN: Beredar melalui TikTok sebuah narasi yang mengklaim jika pendiri Android, Andy Rubin menyatakan bahwa Ia merupakan keturunan Yahudi dan apabila warga Indonesia akan melakukan boikot maka dengan senang hati sistem Android di Indonesia akan dihentikan. Informasi tersebut diunggah oleh sebuah akun TikTok bernama @the.ricky78.

Namun setelah coba melakukan penelusuran melalui berbagai sumber dan referensi, tidak ditemukan adanya informasi resmi yang menyebut jika Andy Rubin memberikan pernyataan terkait pemboikotan di Indonesia.

Berdasar seluruh referensi, informasi seputar pendiri Android, Andy Rubin siap menghentikan produknya beroperasi adalah tidak benar. Unggahan tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://www.hitekno.com/gadget/2018/04/30/163240/yuk-kenalan-dengan-sosok-inovatif-pendiri-android-andy-rubin
https://tekno.kompas.com/read/2021/04/26/19290057/profil-andy-rubin-mantan-karyawan-apple-yang-jadi-pendiri-android?page=all
https://tekno.kompas.com/read/2024/06/18/07010057/sosok-penting-di-balik-android-dan-ponsel-pixel-mundur-setelah-14-tahun?page=all
https://tekno.kompas.com/read/2013/03/14/19230366/Andy.Rubin..Si.Gila.di.Balik.Android?page=all