[SALAH] Najwa Shihab Mengajak Menggunakan Medsos Untuk Berisik

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Hoaks lama beredar kembali. Foto Najwa Shihab membawa kertas bertulisan “Negeri ini dalam bahaya! jangan diam! gunakan medsosmu untuk berisik” adalah hasil manipulasi. Foto aslinya Najwa Shibab membawa kertas bertulisan “Jangan diam, ayo #MulaiBicara.”

[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

[SUMBER]
Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1719587994.625853/index.html

[NARASI]
“NEGERI INI DALAM BAHAYA..!!
Jangan DIAM…!!! GUNAKAN MEDSOSMU UNTUK
BERISIK..!!!”

[PENJELASAN]
Beredar kembali foto jurnalis Najwa Shihab membawa kertas bertulisan  “Negeri ini dalam bahaya! jangan diam! gunakan medsosmu untuk berisik” yang diunggah akun @THAI CHE LENG di Facebook. Faktanya, tulisan itu adalah hasil manipulasi.

Hoaks ini pernah muncul pada tahun 2021, turnbackhoax.id pernah mengunggah artikel debunking yang menyatakan foto tersebut adalah hasil manipulasi. Dikutip dari medcom.id, foto asli Najwa Shihab tersebut hanya berisi tulisan “Jangan diam ayo #MulaiBicara“. Foto aslinya diunggah oleh akun twitter @YayasanPulih pada Mei 2016.

Saat itu, Najwa Shihab ikut mengkampanyekan gerakan “Jangan diam ayo #MulaiBicara,” sebagai simbol perlawanan terhadap maraknya kekerasan perempuan.

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2021/06/02/salah-foto-najwa-shihab-memegang-kertas-beirisi-tulisan-negeri-ini-dalam-bahaya-jangan-diam-ayo-mulaibicara-gunakan-medsos-mu-untuk-berisik/

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/gNQ8oRvK-cek-fakta-najwa-shihab-ajak-masyarakat-berisik-di-medsos-ini-faktanya

https://twitter.com/YayasanPulih/status/915405702708969472 (Arsip: https://archive.ph/C7rR5)