[SALAH] Ilmuwan Indonesia Berhasil Merekam Suara dan Bahasa yang digunakan Semut

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Rekaman tersebut adalah hasil manipulasi. Pada akhir video terdapat tambahan audio dari video Mama Gufron, pengasuh pondok Pesantren Uniq Nusantara saat sedang berceramah. Sedangkan, rekaman suara semut pada video tersebut diambil oleh YouTuber asal Perancis bernama Charles Rose, bukan ilmuwan asal Indonesia.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1719157926.152083/index.html

[NARASI]
“Ilmuwan Dari INDONESIA berjaya merakam suara dan juga bahasa yang digunakan Semut”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @rozaime.rash mengunggah video yang mengklaim ilmuwan asal Indonesia berhasil merekam suara semut dan bahasa yang digunakan semut. Video tersebut menunjukkan beberapa semut hitam yang mendekati mikrofon. Pada akhir video terdengar suara berbahasa arab. Video itu telah dilihat 4 juta kali oleh pengguna TikTok. Faktanya, video tersebut telah dimanipulasi pada bagian audio.

Audio pada akhir video diketahui merupakan audio yang diambil pada video ceramah Abuya Mama Ghufron. Video aslinya dapat dilihat pada akun TikTok @fanatismematikanlogika. Abuya Mama Ghufron mengucap kalimat “Bahasa semut, bismillahirrohmanirrahim shiki in ha shakay ilaya ha sakaymatimjub fimaa Allah.”  Ulama kontroversial itu kembali viral di media sosial usai mengaku bisa bahasa jin, malaikat dan bahasa semut.

Setelah dilakukan penelusuran gambar menggunakan Google Image Search, ditemukan video yang memperlihatkan beberapa semut yang sedang mengerubungi mikrofon. Video aslinya diunggah oleh YouTuber asal Perancis bernama Charles Rose. Pada kanal Youtubenya CHASSEUR DE SONS, video rekaman suara semut itu diunggah pada  24 Mei 2024 dengan judul “ASMR WITH ANTS (NO TALK) .” Dilansir dari pokaa.fr, Rose menggunakan mikrofon khusus untuk menangkap suara seperti suara busa, dengkuran kucing, atau danau yang membeku, lalu mempostingnya di Instagram, TikTok, dan YouTube. Tujuannya adalah untuk menyoroti kekayaan suara alam dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya semua makhluk hidup.

[REFERENSI]
https://vt.tiktok.com/ZSYmpxFWF/
https://www.instagram.com/reel/C7PRB5lC7It/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==
https://youtu.be/unBeUcIXu28?si=zq2Y3mAzdjaHSh6N
https://pokaa.fr/2024/03/19/rencontre-avec-chasseur-de-sons-le-strasbourgeois-qui-sublime-les-bruits-du-quotidien/
https://terkini.id/read/td-5684/selain-bahasa-semut-abuya-mama-ghufron-klaim-bisa-bahasa-jin-dan-malaikat