[SALAH] “Asap Pesawat Itu Senjata Biologi”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya asap berwarna putih ketika pesawat lewat yang terlihat di langit adalah contrails, yaitu uap air terkondensasi yang dihasilkan dari mesin pesawat atau jet. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719213199.316/index.html#watch%40v%3d2w3wobrzgyw.html

= = =

Narasi:

“Asap pesawat itu senjata biologi”

Narasi dalam video:

“Pernah nggak lihat pesawat lewat ada asap putih keluar? Saya asli teknisi pesawat, pesawat lewat di bawah 10.000 meter tidak ada asap putih keluar dari mesin pesawat. Lihat ada asap keluar dari pesawat itu, itu senjata biologi. Biasa pakai bromium salt ini bikin simtom simtom seperti influenza, mata perih pas hujan, kuping ada bunyi iiii di dalam, batuk, pilek, ganggun paru-paru, perut, anak demam berapa hari gak tahu kenapa. Seratus negara lebih korban dari senjata itu. Saya ada dokumentasi di Jakarta, rekaman dari saya sendiri dua tahun, mau bawa ke mana lagi saya bingung, media tidak berani.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.

Beredar sebuah video YouTube yang memberikan informasi bahwa asap putih yang keluar ketika pesawat lewat merupakan senjata biologi yang dapat menyebabkan sakit influenza, mata perih ketika hujan, hingga demam pada anak yang tidak diketahui penyebabnya.

Namun faktanya klaim tersebut menyesatkan. Dilansir dari Tempo.co, asap putih yang keluar ketika pesawat lewat adalah contrails, yaitu uap air terkondensasi yang dihasilkan dari mesin pesawat atau jet. Contrails terbentuk ketika knalpot mesin yang panas dan lembab bertemu dengan uap rendah pada suhu rendah di udara.

Sejak tahun 2022 Pemeriksa Fakta Mafindo sudah pernah membantah klaim pesawat terbang menyebarkan senjata biologi yang disebut dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti sakit mata, batuk, hingga Covid-19. Klaim ini adalah hoaks lama yang beredar kembali, sehingga masyarakat tidak khawatir jika melihat pesawat yang mengeluarkan asap putih.

Dengan demikian, asap putih yang keluar dari pesawat merupakan senjata biologi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2957/menyesatkan-video-dengan-klaim-jejak-awan-putih-dari-pesawat-di-atmosfer-adalah-senjata-kimia

= = =