[SALAH] 100 PULAU AKAN DIJUAL

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya informasi tersebut merupakan Hoax Lama Bersemi Kembali (HLBK). lelang yang dilakukan bukanlah untuk kepemilikan Kepulauan, namun untuk mencari mitra investor bagi pengembangan pariwisata di Kepulauan Widi dengan model lelang.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://arsip.cekfakta.com/archive/1719547261.033454/index.html

=====

[NARASI]: Jadi pingin beli
:grin:

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “@__freelance__” yang mengunggah gambar dengan narasi 100 pulau akan dilelang Mendagri.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut berulang kali muncul pada tahun 2022, pemeriksa fakta Mafindo telah membuat artikel klrifikasi pada laman Turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH]: 100 PULAU MAU DIJUAL”.

Faktanya lelang yang dilakukan bukanlah untuk kepemilikan Kepulauan, namun untuk mencari mitra investor bagi pengembangan pariwisata di Kepulauan Widi dengan model lelang.

Lelang yang dilakukan pun bukan untuk kepemilikan Kepulauan Widi, namun yang dilelang adalah kesempatan untuk bermitra dengan PT Leadership Islands Indonesia (LII) untuk menggarap potensi wisata yang ada di Kepulauan Widi.

Screenshot yang berasal dari Okezone dengan artikel yang berjudul “100 Pulau Mau Dijual, Mendagri: Daripada Tak Digunakan Kosong Begitu Saja” yang telah diganti menjadi “Heboh 100 Pulau Mau Dijual, Mendagri Bilang Begini”.

Dengan demikian klaim tentang 100 pulau yang mau dijual adalah salah dan termasuk konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2022/12/16/salah-100-pulau-mau-dijual/
https://finance.detik.com/properti/d-6442762/3-fakta-soal-heboh-100-pulau-di-maluku-mau-dijual