[PENIPUAN] PROGRAM TIKTOK INTERNASIONAL MELALUI GRUP WHATSAPP

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya tidak ada keterangan resmi yang mengulas mengenai Tiktok Internasional ataupunprogram yang terkait, seperti yang disampaikan melalui grup Whatsapp. Akun Instagram resmi milik TikTok Shop Indonesia juga menerangkan bahwa nomor Whatsapp resmi milik TikTok Shop Indonesia adalah nomor yang tertera di dalam akun resmi media sosial mereka. 

Selengkapnya ada di penjelasan. 

=====

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Tipuan 

=====

[SUMBER]: WHATSAPP 

https://ghostarchive.org/archive/KQOLI

=====

[NARASI]: 

“Tiktok shop adalah fitur perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk mereka melalui TikTok. fitur belanja ini dihadirkan Tiktok sebagai respon atas peningkatan penjualan berbagai produk setelah adanya promosi dari berbagai brand melalui platform jejaring sosial tersebut.” 

=====

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah informasi melalui media sosial Whatsapp, yang diklaim sebagai grup pergagangan sosial dengan nama “PROGRAM TIKTOK INTERNASIONAL”. Sebuah nomor admin (+62 ) telah mengundang ratusan nomor secara acak, untuk diajak mengikuti program pembukaan toko dan penjualan barang di Toko Tiktok Internasional, dengan tawaran komisi sejumlah 15-20% dari total keuntungan penjualan. Setiap peserta yang ingin bergabung, diarahkan untuk menghubungi admin di Telegram, melalui tautan https://t.me/Amarahvanilla. Apakah benar, terdapat program untuk pembukaan toko dan penjualan dengan komisi di Toko Tiktok Internasional? 

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terkait dengan hal ini, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa grup Whatsapp yang mengadakan program-program mengatasnamakan sebuah platform serta menjanjikan komisi, adalah grup yang terindikasi sebagai sebuah penipuan. Pasalnya, melansir dari akun Instagram resmi milik TikTok Shop Indonesia @sellwithtiktokshop_id, nomor Whatsapp resmi dari Tiktok Shop Indonesia adalah +62 813333 17191. 

Selain itu, telah banyak beredar penipuan dengan modus serupa, yang mencatut nama-nama platform besar seperti Tokopedia, Shopee, Sinarmas Sekuritas, dan lain sebagainya. 

Jadi dapat disimpulkan, program melalui Grup Whatsapp yang mengatasnamakan Tiktok Shop dengan tawaran sejumlah komisi, dapat dikategorikan sebagai konten tipuan atau disebut juga fabricated content. 

=====

[REFERENSI]: 

https://www.instagram.com/s/aGlnaGxpZ2h0OjE4MTg5NTg0OTIzMjczNjgw?story_media_id=3134109560756086263_50557464715&igsh=YmJpc29paGZiY3Ry

https://vt.tiktok.com/ZSYfjdfYR

https://www.rri.co.id/cek-fakta/682396/hoax-grup-whatsapp-untuk-program-afiliate-tokopedia

https://voi.id/lifestyle/364626/beragam-modus-penipuan-program-affiliate-yang-bergentayangan-di-online