[PENIPUAN] PJ BUPATI LAMPUNG BARAT BAGIKAN DONASI UNTUK MASJID MELALUI WHATSAPP

Pihak terkait telah menyatakat jika akun yang beredar merupakan AKUN PALSU.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/ KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: WHATSAPP

===

NARASI: (Narasi tidak ditampilkan)

===

PENJELASAN: Beredar pesan WhatsApp yang mencatut nama PJ Bupati Lampung Barat, Nukman akan memberi sejumlah donasi terhadap pembangunan masjid di wilayah setempat. Akun WhatsApp yang beredar diketahui menggunakan nama serta foto Nukman, dan telah menghubungi beberapa pihak dalam beberapa waktu terakhir.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, akun yang beredar merupakan akun palsu. Nukman melalui antaranews.com dalam klarifikasinya mengimbau masyarakat agar waspada terhadap informasi yang mencatut dirinya dan pejabat publik Lampung Barat lainnya.

“Jangan langsung percaya dengan aksi penipuan berkedok penyaluran bantuan seperti ini. Kami mengimbau agar lebih waspada dan hati-hati. Jangan langsung percaya ketika dikontak oleh seseorang yang mengaku pejabat maupun staf dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat akan menyerahkan bantuan,” tegas Nukman.

Berdasar seluruh referensi, tidak benar PJ Bupati Lampung Barat menghubungi sejumlah pihak untuk memberikan donasi ke masjid. Pesan tersebut masuk ke dalam kategori imposter content atau konten tiruan.

Artikel ini disadur dari antaranews.com dan liputan6.com.

===

REFERENSI:

https://www.antaranews.com/berita/4164783/waspada-penipuan-mengatasnamakan-pj-bupati-lampung-barat
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5626866/waspada-hoaks-penipuan-donasi-catut-nama-pj-bupati-lampung-barat?page=2