[SALAH] Anies Diseret ke KPK oleh Jokowi karena Tolak Kaesang

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video tersebut hanya membahas tentang prediksi dari Jamiluddin Ritonga mengenai Anies Baswedan yang pasti akan menolak jika diduetkan dengan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1718977249.117896/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

MENGERIK4N‼️TOLAK KAESANG, J0K0WI TERSANGKAKAN ANIES KE KPK

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim mengenai Presiden Jokowi yang menyeret Anies Baswedan ke KPK karena telah menolak Kaesang menjadi calon wakilnya di Pilgub DKI 2024.

Namun saat disimak isi video tersebut hanya membahas tentang prediksi pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, mengenai Anies Baswedan yang pasti akan menolak jika diduetkan dengan putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

Jamiluddin meyakini Anies akan komitmen terhadap perubahan. Jamiluddin meyakini para pendukung perubahan pasti akan marah dengan keputusan Anies itu.

Hingga akhir video tidak ada informasi yang menyebutkan jika Anies telah dibawa Jokowi ke KPK karena menolak untuk berduet dengan Kaesang.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.kompas.com/read/2024/06/14/14094291/anies-diprediksi-tolak-duet-dengan-kaesang-pada-pilkada-jakarta-kecuali-siap