[PENIPUAN] Video Giveaway Raffi Ahmad di Akun Facebook “Raffi Nagita”

Hasil periksa fakta Panji

Akun tersebut merupakan akun Facebook tiruan Raffi Ahmad, video yang menampilkan Raffi mengadakan giveaway tersebut juga merupakan video lama pada tahun 2020 lalu ketika ia mengadakan kerjasama dengan perusahaan ekspedisi SiCepat.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Facebook https://arsip.cekfakta.com/archive/1718991216.267151/index.html (arsip)

===========

[NARASI]: 

Yang mau hadiahnya 💸💸 langsung hubungi nomor WhatsApp saya dibawah ini👇👇

👉083874123797👈

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah akun Facebook bernama “Raffi Nagita” yang mengunggah video Raffi Ahmad berbicara soal Rans Entertainment yang akan berbagi hadiah mulai dari uang hingga motor.

Namun, jika dicek di Facebook maka akun tersebut bukan milik Raffi, akun Facebook resmi dari Raffi adalah facebook.com/RaffiAhmadLagi yang sudah memiliki follower sebanyak 15 juta orang dan sudah mendapatkan verifikasi centang biru.

Selain itu setelah dilakukan pencarian gambar dengan menggunakan Google Lens, ditemukan hasil jika video Raffi Ahmad tersebut identik dengan video yang berasal dari Channel Youtube Rans Entertainment yang diunggah pada tahun 2020 lalu. Baik warna baju, sofa, dan juga hiasan dindingnya memiliki kesamaan di kedua video tersebut.

Lalu faktanya giveaway yang dilakukan Rans Entertainment tersebut Raffi lakukan dalam rangka adanya kerja sama dengan perusahaan ekspedisi, PT SiCepat Ekspres pada tahun 2020.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika akun tersebut merupakan akun tiruan dan berpotensi untuk digunakan sebagai modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.facebook.com/RaffiAhmadLagi

https://www.youtube.com/watch?v=iqZK-hu52kY